Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar Terlengkap

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Tuesday, February 9, 2016 | 6:21 PM

Contoh Daftar Isi Makalah – Masa Mahasiswa adalah masa pendidikan dimana seseorang muda yang telah melewati masa remajanya dilatih untuk berpikir kritis, analitis, analitis, dan sistematis. Di bangku kuliah inilah para mahasiswa juga digembleng dan di-drill agar mampu mengemukakan pendapatnya atas suatu masalah secara tertulis. 

Mahasiswa dituntut mampu untuk menangkap permasalahan yang ada di sekitarnya atau di dunia nyata dengan ilmu pengetahuan atau teori yang telah didapat di kelas, kemudian menumpahkannya dalam suatu karya ilmiah apakah itu berbentuk makalah, paper, laporan praktikum, laporan tugas akhir, skripsi, ataupun tesis.

Pengertian Karya Ilmiah
Untuk lebih paham apa itu karya ilmiah, uniknih mencoba melirik wikipedia dan sumber lainnya, di sana dijelaskan bahwa Karya Ilmiah atau dalam bahasa inggrisnya scientific paper merupakan laporan tertulis dan di-publish untuk mengemukakan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilaksankaan oleh seseorang atau sekelompok orang (tim) dimana bentuk, isi, dan bahasanya menggunakan kaidah dan etika keilmuan yang telah disepakati atau ditetapkan oleh masyarakat keilmuan atau akademisi.

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Suatu karya ilmiah menurut Wardani (2006 : 1.6) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1.  Dari segi isi, karya ilmiah menyajikan pengetahuan yang dapat berupa gagasan, deskripsi tentang sesuatu atau pemecahan suatu masalah.
  2. Pengetahuan yang disajikan tersebaut didasarkan pada fakta atau data (kajian empirik) atau pada teori-teori yang telah diketahui kebenaranya.
  3. Sebuah karya ilmiah mengandung kebenaran yang objektif serta kejujuran dalam penulisan.
  4. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan banyak menggunakan istilah teknis, di samping istilah yang bersifat denotatif.
  5. Sistematika penulisan mengikuti cara tertentu.



Manfaat Menyusun Karya Ilmiah
Banyak manfaat yang bisa didapat oleh penulis (baik itu mahasiswa maupun orang umum) dari membuat atau menyusun karya ilmiah, seperti dijelaskan di jefri-fernata.blogspot.co.id, antara lain adalah:
  1. Melatih penulis dalam mengembangkan keterempilan membaca yang efektif.
  2. Melatih penulis dalam menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber; mengambil sarinya, dan mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang.
  3. Mengenalkan penulis dengan kegiatan kepustakaan, antara lain mencari bahan bacaan dalam katalog pengarang atau katalog judul buku.
  4. Meningkatkan kemampuan penulis dalam pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis.
  5. Penulis bisa memperoleh kepuasan intelektualnya.
  6. Penulis dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuannya.
  7. Hasil penelitian bisa menjadi bahan acuan / penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.

Masalah Pokok Dalam Menulis Karya Ilmiah
Setidaknya ada tiga maslaah pokok dalam menulis karya ilmiha seperti dipaparkan di verozzaranii.blogspot.co.id, yaitu
1.     Masalah Empirisme
Masalah empirisme maksudnya dalam persoalan menulis yang disebabkan oleh pengalaman di lapangan. Ada tiga pokok yang menyebabkan orang sulit membuat tulisan, yaitu keterbatasan penulis mengembangkan ide, pola tulisan kurang standar, dan kurang berbobot substansi tulisan.
2.      Masalah  Retorika
Retorika maksudnya adalah cara mengungkapan ide. Retorika melalui tulisan tertuang dalam bentuk kelancaran ide, linier tidaknya administrasi, pola penyajian data pendukung, dan pola membuat kesimpulan dari suatu argumentasi. Dalam karya ilmiah, retorika yang dianggap memiliki bobot ilmiah ialah tulisan dengan retorika linear. Dalam bentuk tulisan, retorika ini mengacu pada jenis wacana. Setiap jenis wacana mempengaruhi secara jelas bentuk retorika, pilihan kata (diksi), dan tata bahasa yang digunakan penulis. Dalam aspek ini dikenal dengan jenis wacana yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.Perbedaan mendasar antara masing-masing jenis wacana tersebut meliputi empat hal yaitu teknik penyajian alasan (reasoning), teknik memilih urutan penyajian, teknik penggunaan diksi, dan teknik menerapkan gaya tulisan.
3.      Masalah Linguistik
Masalah linguistik berarti masalah penguasaan bahasa. Dalam aspek ini ada empat hal yang dijadikan acuan yaitu sintaksis, gramatika, diksi dan kosa kata dan mekanik.Aspek sintaksis ialah kemampuan penulis dalam menyajikan ide dalam bentuk kalmat sederhana, kalimat majemuk, kalimat kompleks, dan kalimat majemuk-kompleks. Penulis harus menunjukkan penguasaan gramatika secara baik, benar dan standar. Kekeliruan menggunakan gramatika ini sangat mengganggu dan menghilangkan ide. Dari aspek pilihan kata, kekeliruan terjadi misalnya dalam penggunaan kata asing.

Oke agan uniknih, langsung aja cekodittt kita tengok Contoh Daftar Isi Makalahnya...


Contoh Daftar Isi Makalah atau Karya Ilmiah

Bagian Pembuka 
-   Sampul 
- Halaman Judul 
Halaman Pengesahan 
- Abstraksi 
- Kata pengantar 
- Daftar isi 
Ringkasan isi. 
 
Bagian Isi

Bab I Pendahuluan 
     A. Latar belakang masalah. 
     B. Perumusan masalah. 
     C. Pembahasan/pembatasan masalah. 
     D. Tujuan penelitian. 
     E. Metode penelitian.
Bab II Pembahasan 
      A. Pembahasan teori 
     B.  Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan 
     C. Pengajuan hipotesis
Bab III Metodologi penelitian 
     A. Waktu dan tempat penelitian. 
     B. Metode dan rancangan penelitian 
     C. Populasi dan sampel. 
     D. Instrumen penelitian. 
     E. Pengumpulan data dan analisis data.
Bab IV Hasil Penelitian 
    A. Jabaran varibel penelitian. 
    B. Hasil penelitian. 
    C. Pengajuan hipotesis. 
    D. Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.
Bab V Penutup 
    A. Simpulan
    B.  Saran
Bagian penunjang
  • Daftar pustaka.
  • Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
  • Daftar Tabel
Ok agan uniknih, semoga contoh daftar isi makalah atau sistematika penulisan karya ilmiah yang sudah disajikan di uniknih.com ini bermanfaat bagi agan semua. Salam uniknih dan semoga cepat kelar kulianya, jangan samapai jadi mahasiswa abadi...selain ngabisin2 duit orangtua juga nanti ketuaan.... gak bagus untuk persyaratan usia maksimum lowongan kerja

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...