Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Batu Bacan – Macam, Keunikan, Keistimewaan, dan Harganya

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, August 15, 2014 | 6:42 PM

Batu Bacan (chrysocolla) – Bagi para gems lover atau peminat batu permata asli dari alam atau batu akik, akhir-akhir ini tentunya sudah tahu jika batu bacan sedang naik daun alias lagi ngetren. Harganya pun berkisar mulai yang terjangkau sampai membumbung tinggi alias selangit...... dan jangan salah pangsa pasarnya juga tembus ke pasar internasional (bahkan sudah sedari dulu, zaman abad pertengahan).


Batu bacan biasanya dijual berupa cincin, kalung, dan bentuk aksesoris lainnya. Sebagian pihak menjual batu bacan masih dalam bentuk bahan yatu bongkahan batu atau bahan mentah.
Postingan uniknih.com ini tidak akan membahas tuah, hoki, ataupun khasiat dari batu bacan, karena semua yang baik-baik itu asalnya dari Yang Maha Kuasa. 

Asal Batu Bacan 
Dari hasil penelusuran ke sumber online, asal batu alam asli batu bacan adalah Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Lebih lengkap dan tepatnya, lokasi daerah penghasil batu bacan yaitu Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat yaitu Desa Palamea, Desa Doko, dan Desa Akelamo (Bisori) dan Desa Imbu-imbu.



Macam Batu Bacan
Ada beberepa jenis batu bacan seperti dimuat di detik, yaitu: Bacan Obi, Pancawarna, dll. Namun, yang paling menjadi idola yaitu: BACAN DOKO dan PALAMEA.

Ciri-ciri batu bacan dari warnanya: Bacan Doko sebagian besar berwarna hijau tua / kehijauan tua , sedangkan Palamea berwarna hijau muda kebiruan.






Kalau disenter dia tembus batunya. Makin bening, makin mahal harganya. Itu kualitasnya sudah super.

Keunikan / Keistimewaan Batu Bacan
Ada yang bilang keunikan batu bacan adalah seperti batu hidup, malah ada yang bilang “ada nyawanya”. Sebagai contoh, batu bacan yang semula berwarna hijau agak gelap, lambat laun menjadi semakin menyala.

Batu bacan disebut sebagai “batu hidup” dikarenakan batu ini mampu menjalani proses menjadi lebih indah secara natural/alami atau bisa juga dengan memakainya setiap hari dalam sebagai cincin, kalung atau kepala sabuk. 

Selain itu, batu bacan bisa menyerap senyawa lain dari bahan yang melekatnya. Contohnya, satu butir batu bacan hijau doko yang dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas bisa menyerap bahan emas tersebut yang menjadikan bagian batunya kelihatan ada bintik-bintik emas.

Kualitas Batu Bacan
Katanya sih, Batu Bacan yang berkualitas yaitu batu bacan yang telah mengalami proses silisifikasi yang menjadikan kekerasannya sampai 7 pada skala Mohs.

Harga Batu Bacan
Dari info narasumber yang diliput media online, kisaran harga batu bacan saat ini per crat berkisar mulai ratusan ribu rupiah sampai belasan juta rupiah per gramnya, tergantung kualitasnya, ini sudah dalam bentuk perhiasan seperti cincin dan liontin. Kalau untuk kualitas super yang masih berbentuk bongkahan tiap kilogramnya bisa mencapai puluhan sampai seratusan juta rupiah. 




Tambahan lagi, harga batu bacan bervariasi tergantung pada jenis dan kualitas serta ukurannya. Dan tentunya, makin berkualitas, makin tinggi harganya, karena bahan yang bagus makin langka.

Sumber-sumber online yang telah dibaca:
http://news.detik.com/read/2014/08/05/093341/2653330/10/dianggap-bernyawa-ini-keunikan-lain-yang-bikin-batu-bacan-diburu?991104topnews
http://m.indonesia.travel/id/attraction/detail/304
http://m.kabar24.com/gaya-hidup/read/20121021/30/83620/batu-bacan-meski-harga-selangit-tetap-diminati
http://www.kaskus.co.id/thread/522613e3fdca17904e00000a/rough-bahan-batu-bacan-asli-depok-jakarta-serang
http://batubacan.wordpress.com/

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...