Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Jenis Batu Akik dan Cara Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Sunday, March 9, 2014 | 1:30 AM

Jenis Batu Akik - Untuk menggairahkan usaha kecil menengah para pengrajin dan penjual batu akik di Indonesia, uniknih.com kali ini akan coba mengupas jenis-jenis batu akik atau batu cincin akik yang biasa dipakai para lelaki. Semoga dengan postingan ini usaha UKM para pengrajin batu akik dan para pedagang cincin batu akik di nusantara baik di kota besar ataupun kota kecil menjadi makin terperhatikan.

Ngomongin istilah akik atau batu akik, tak bisa dilepaskan dengan batu cincin. Dari pantauan uniknih di sumber online 1, di sana disebutkan bahwa menurut Kamus Istilah Geologi yang disusun oleh M.M. Poerbohadiwidjojo, kata akik asalnya dari kata agate atau agat. Agate di sini artinya, sejenis mineral silika (SiO²)- yang lazim disebut Kuarsa Amorf atau Kriptokristalin- berwarna dan berlapis. Warna bisa Cuma satu, bisa pula lebih. Kedudukannya pun bisa beraturan atau tidak beraturan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang macam atau jenis batu akik, uniknih juga sudah menjelajah di sumber online 2 dan sumber-sumber lainnya. Dari 15 jenis yang disebutkan di sana, akan ditampilkan di sini 8 jenis batu akik atau batu cincin. Namun di sini tidak akan dijelaskan khasiatnya, karena uniknih.com segala khasiat dan manfaat itu semata-mata datangnya dari Sang Khalik, Allah SWT, bukan dari barang-barang yang dipakai manusia apalagi hanya sebuah batu akik. Bahaya..gan...jangan sekali-kali mempercayai kekuatan dari sesuatu benda ..nanti bisa terjerumus pada kemusyrikan......(naudzubillahi mindaalik)

Penjelasan di sini hanya sekedar untuk pengenalan berbagai jenis batu cincin akik yang biasa beredar di pasaran.


1. BATU PANCA NUR





Batu Panca Nur atau pancha warna merupakan sejenis batu akik yang mempunyai ciri -ciri memiliki lebih dari dua warna sampai lima warna. Biasnya warna yang muncul: merah, hijau, kuning, hitam. Katanya sih, Batu Panca Nur yang asli adalah jika dipegang terasa berat dan getarannya. 

2. BATU HAKIKAT








Asal batu hakikat adalah dari batu-batu gunung yang berusia ribuan tahun. Batu ini juga dikenal dengan batu badar lumut karena mempunyai sejumlah tumbuhan lumut di dalamnya. Ini teradi karena batu itu berada di tempat yang berair, sehingga lumut-lumut telah masuk/menjalar ke dalamnya.. Katanya juga batu hakikat ini sebenarnya adalah batu hidup yg bersifat sejuk.


3. BATU ZAMRUD





Katanya sih, Emrald atau zamrud adalah batu permata bewarna hijau yang selalu dikagumi oleh banyak orang sejak dulu kala. 
Para pecinta batu cincin banyak yang menyebutkan jika batu zamrud ini amat cantik.
Tingkat kekerasan zamrud dalam skala Mohs yaitu antara 7 sampai 9.

Karena batu zamrud sangat berharga alias mahal kali...sehingga tidak banyak  orang yang bbisa memilikinya.

Batu Zamrud jarang dijumpai didalam ukuran yang besar besar. Zamrud yang katanya paling bernilai/ paling tinggi kualitasnya asalnya dari negara colombia

Pada zaman dulu, zamrud hanya dipakai oleh golongan bangsawan,raja-raja dan pembesar negara sebagai simbol keagungan dan kekuasaan.


4. BATU KECUBUNG atau Amethyst






Batu kecubung atau disebut juga Amethyst adalah batu yang berwarna ungu. Asal katanya dari Yunani (Greece) yang artinya penawar dimana menurut kepercayaan lama menunjukkan arak yang diminum di dalam gelas amethyst tidak akan menyebabkan si peminumnya menjadi mabuk. 

Batu Amethyst atau kecubung memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Batu kecubung katanya telah dipakai sejak zaman awal Mesir kuno. Batu Kecubung yang berkualitas katanya hanya diperoleh di negara-negara seperti Brazil, Uruguay, Siberia, Russia dan India. 

Batu ini juga populer sebagai bahan perhiasan raja-raja dan pembesar-pembesar negara zaman dulu kala. 

Di samping warna ungu, batu kecubung juga memiliki beberapa warna yang menarik, speerti warna merah jambu. Namun, kecubung yang paling berharga katanya sih yang bewarna ungu kebiru-biruan. 

5. BATU BADAR BESI





Seringkali batu badar besi dipanggil juga dengan nama batu pati ayam atau secara ilmiah adalah magnetsteen karena jika didekatkan pada besi magnet, batu bada besi akan bergerak berputar-putar.  

Kandungan yang ada dalam batu badar besi adalah unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitaman dan memiliki kekerasan 5-6 skala Mohs. 

Banyak yang bilang batu badar besi banyak dijumpai di daerah Brazil, Mexico, Australia dan Amerika, daerah dekat kawasan pergunungan yang sering terjadi banjir lahar ratusan tahun lalu.

6. MERAH DELIMA








Ada yang menyebutkan Ruby atau batu delima merah dikenali karena warna merahnya yang melambangkan  perasaan cinta, kuasa dan kemegahan.

Katanya juga sih, batu ini adalah raja segala batu permata atau dikenali sebagai "king of germstone" yang begitu termasyhur di seluruh nusantara bahkan seantero dunia. 

Batu merah delima terkenal karena kecantikan fisiknya. Ada juga batu merah delima yang berwarna merah jambu (pink) dan merah hati (merah tua). 

Kekerasan batu merah delima sebagai batu permata adalah sangat keras yaitu pada ukuran 9 pada bacaan skala Mohs. 

Merah Delima yang paling terkenal berasal dari negara Burma (sekarang Myammar) karena kualitas dan kecantikan batunya. Namun, ada juga batu  merha delima dari negara lain seperti negara Afrika Selatan, Pakistan, Afghanistan, Tanzania dan negara India.

Ruby atau batu delima terbaik katanya dari dari negara burma, yang harganya tergantung nilai karatnya.


7. BATU TIGER EYE (MATA HARIMAU)





Batu Mata Harimau atau TIGER EYE masuk dalam kelompok Quartz. Mengapa dinamakan tiger eye? Karena warna dan jaluran cahaya yang meliputinya jika dipandang seolah-olah seperti mata sang harimau yang sedang merenung tajam. 

Warna yang paling menonjol pada batu ini adalah kuning yang bercampur dengan hitam dan campuran coklat serta orange. 

Tingkat kekerasan batu ini pada skala mohs adalah bacaan 7 yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan, Rusia, Australia bagian barat, negara Germany dan China. 

Tiger's eye cocok dipakai oleh semua golongan dan berbagai lapisan masyarakat.

8. CHRYSOBERYL CAT'S EYE (MATA KUCING)




Mengapa batu ini dinamakan mata kucing atau 'cats eye'? Karena jika di dalam kegelapan dan ada sedikit cahaya, maka akan muncullah segaris sinar pada batu ini mirip mata hewan kucing. Hal inilah yang menjadi keunikan batu ini sehingga banyak orang yang tergila-gila mencarinya. 

Batu cats eye ini ban banyak yang berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan warna hijau muda. Batu Cats eye mempunyai kekerasan pada ukuran 8-9 pada skala Mohs. 

Chrysoberyl adalah batu permata yang mempunyai nilai yang tinggi di pasaran dengan kualiti yang sangat baik. Negara penghasil  utama batu mata kucing ini antara lain: Russia, Tanzania, Sri Lanka, India, Brazil, dan Timur Afrika. 

Cats eye Chrysoberyl menjadi batu yang disukai banyak orang pecinta dan kolektor profesional. Penyebabnya, batu permata ini sangat sulit untuk mendapatkanya dan harganya yang agak mahal. 

Cat's eye yang baik mempunyai cahaya sebagai jaluran di bagian tengah. Apabila membeli batu yang asli, pastikan "mata kucing" pada batu tersebut berada di bagian tengah dan "mata" tersebut bisa "terbuka" dan "tertutup" jika dimiringkan.

Sampai di sini dulu pengetahuan tentang jenis batu akiknya, thanks to para narasumber yang sudah berbaik hati memberikan penjelasan tentang batu akik.
---
Oh iya, untuk foto atau gambar batu akik unik ini ada juga....


Batu Akik motif merah putih


Batu Akik motif Junjung Derajat
 






Tips Cara Membedakan Batu Cincin Akik Asli atau Palsu

Dari teropongan di forum kompas (sumber online 3), diperoleh tips yang cukup bermanfaat untuk membedakan batu imitasi yang bisa terbuat dari kaca dengan batu akik asli batuan alam.

1. Apabila batu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyaallah batu itu asli. 
Apabila cepat menghangat bagai mana? Setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, apabila kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. “jika di tempelkan di pipi terasa dingin”

2. Apabila di sulut dengan api putung rokok atau dibakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama dibakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika ASLI ketika diusap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat di batu, apabila palsu meski diolesi air atau minyak untuk menghikangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Apabila dibakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh”

3. Walaupun dibakar batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.

4. Lihatlah serat didalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita menjumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. Agan pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia “Serat dalam batu”

5. Silakan tanyakan kepada ahlinya atau laboratorium untuk menguji kandungan batu.

Adapaun beberapa ciri-ciri batu sintetis/plastik, antara lain:
1. Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya.
2. Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya.
3. Akan ada perubahan jika anda membakarnya.
4. Akan tergores atau lecet jika terjatuh atau di gesekan dengan benda keras lainnya.

Semoga tipsnya bermanfaat bagi agan semua...pecinta batu akik (gemlovers).. Salam UKM....semoga makin maji para pengrajin dan pedagang batu akik Indonesia.

Sumber:
1. http://freddyilhamsyah.wordpress.com/2013/04/18/batu-akik-mineral-silika-yang-dililit-mistik/
2. http://daniemarketing.blogspot.com/2012/01/kenali-13-jenis-batu-batu-cincin-serta.html
3. http://forum.kompas.com/teras/252391-cara-membedakan-batu-cincin-akik-asli-atau-palsu-plastik.html
4. google image
5. Berita Unik ; uniknih.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...