Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Contoh Undangan Aqiqah Anak Terbaik Unik Terbaru

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, October 11, 2013 | 11:09 PM

Contoh Undangan Aqiqah – Pembahasan yang menyenangkan dan tak bosan-bosannya adalah terkait anak yang baru lahir. Selain kedatangannya yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan yang membutuhkan kesabaran dan pengorbanan terutama bagi sang ibu si jabang bayi dan penantian ayahnya serta keluarga besarnya, acara-acara keagamaan ataupun tradisi setelah kelahirannya juga membuat hidup kedua orangtua menjadi lebih hidup…(kaya iklan aja…).

Salah satu acara syukuran keagamaan setelah kelahiran adalah AKIKAH atau AQIQAH. Pada kupasan ini, uniknih.com akan coba tampilkan contoh undangan aqiqah. Ini diharapkan juga bisa melengkapi artikel sebelumnya terkait anak bayi:  doa / ucapan selamat untuk anak yang baru lahir, rangkaian nama bayi islam laki-laki, nama bayi perempuan islam, nama bayi islam modern.

Namun, sebelumnya ada baiknya kita mempeljari apa sih aqiqah itu dan hukumnya sesuai syariat islam, supaya kita tidak melakukan sesuatu tanpa arti dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Dari hasil penelusuran di akhwat, di sana ada penjelasan dari Tanya-Jawab masalah aqiqah seperti di bawah ini. (sengaja uniknh.com tampilkan apa adanya, soalnya ini menyangkut hukum syariat, untuk mengurangi kesalahan ketik)
------------------------------------------------------------------
“Pertanyaan:
Apa makna aqiqah anak, hukumnya wajib ataukah sunnah?

Jawaban:
Aqiqah bagi anak yaitu sembelihan yang disembelih dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan sebagai rasa syukur kepada-Nya atas nikmat lahirnya seorang anak yang diadakan pada hari ketujuh dari kelahirannya.

Para ulama berbeda pendapat dalam masalah aqiqah ini, hukumnya sunnah ataukah wajib. Mayoritas ahlul ilmi berpendapat bahwa hukumnya sunnah mu’akkad. Hingga Imam Ahmad mengatakan, “Hendaknya dia berhutang dan mengaqiqahinya.” Maksudnya: bahwa orang yang tidak memiliki harta hendaknya berhutang dan mengaqiqahi anaknya, dan Allah-lah yang akan menggantinya, sebab dia berusaha menghidupkan sunnah. Yang dimaksud dengan ucapan beliau rahimahullâh, “hendaknya dia berhutang” adalah bagi orang yang bisa diharapkan untuk melunasi hutangnya pada waktu mendatang. Adapun orang yang tidak bisa diharapkan untuk melunasinya, maka tidak sepantasnya berhutang untuk mengaqiqahi anaknya. Pendapat dari Imam Ahmad rahimahullâh ini sebagai dalil bahwa aqiqah tersebut hukumnya sunnah mu’akkad, dan memang seperti itu.

Maka seyogyanya mengaqiqahi anak laki-laki dengan dua kambing dan anak perempuan dengan satu kambing. Hal itu dilakukan pada hari ketujuh, dimakan, dihadiahkan dan disedekahkan dagingnya. Tidak mengapa dia menyedekahkan dan mengumpulkan karib kerabat serta tetangganya untuk makan daging aqiqah tersebut dengan disertai jamuan yang lain.
(Fatawa Ibnu ‘Utsaimin)
(Dinukil dari Risalah ilal ‘Arusain wa Fatawa Az-Zawaj wal Mu’asyaratin Nisaa’ (Bingkisan ‘tuk Kedua Mempelai) karya Abu ‘Abdirrahman Sayyid bin ‘Abdirrahman Ash-Shubaihi, taqdim: Fadhilatusy-Syaikh Muhammad Jamil Zainu, hal. 595, penerjemah: Abu Hudzaifah, penerbit: Maktabah Al-Ghuroba’ Sukoharjo, cet. ke-1 Oktober 2007M, untuk http://akhwat.web.id)”  
---------------------------------------------------
Oke kita lanjut contoh undangan aqiqah unik dan terbaik yang semoga bisa membuka inspirasi agan-agan yang sedang berencana melangsungkan acara akikah untuk putra/putri kesayangan.









Sumber desain kartu undangan aqiqah; google image ; berita unik lucu

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...