Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Cara Membuat Donut Empuk, Lezat, Enak – Resep Rahasia Donut

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, July 12, 2013 | 7:56 PM

Resep Cara Membuat Donut Empuk Lembut – Puasa-puasa kok nampilin postingan tentang kue yah gan? Jadi laper dong…hehehhe…apalagi kalau bicara kue donut. Puasa, Lebaran, dan Kue Donut…..(kok kayak mau bikin judul sinetron). Lebaran adalah suatu kemenangan bagi setiap muslimin dan muslimat yang telah menunaikan ibadah puasa Ramadhan yang di dalamnya juga diisi dengan banyak amalan amalan soleh yang semoga dilipatkgandakan ganjaran kebaikannya oleh Allah SWT. Lebaran idul fitri adalah hari yang paling berbahagia hari mengucap syukur kemenangan, biasanya diisi dengan saling bermaaf-mafaan, saling kunjung mengunjungi antar sanak saudara, handai taulan, kerabat, teman, murid ke guru, dst. 


Terus apa kaitannya dengan kue donut yang kali ini diposting oleh uniknih.com. Ya namanya untuk menyambut tamu yang datang ke rumah agan, tidak salahnya kita sediakan juga makanan / cemilan untuk menghoramatinya. Ada banyak macam kue yang bisa kita pilih seperti kue bolu kukus, roti, jajanan tradisional seperti wajik, dodol, pukis, lupis, kue bika ambon, dll. Tak terkecuali, KUE DONUT bisa menjadi pilihan menu panganan / hidangan lebaran, apalagi kalau kue donutnya uenakkkk lezat….maknyus. Tambahan lagi kalau donuts nya bikinan sendiri alias made in rumahan, tambah keren lagi tuh gan, jadi  ngiler nih gan...... Tentunya, agan unik nih pingin tahu resep cara buat donut yang empuk lezat bukan???

Dari penelusuran ke Uncleee google, terpilihlah resep cara membuat donut yang enak lezat dan empuk seperti berikut ini, letz cekodilllll gan

A. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Donat Kentang :
Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahannya gan, masa gak pake bahan baku, hehehe…

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram susu bubuk fullcream
  • 1 bungkus atau 11 gram ragi instant
  • 250 gram kentang di kukus, haluskan lalu di dinginkan
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram mentega
  • Setengah sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin

B. Bahan Pelengkap Untuk Bikin Donut
Selain bahan-bahan yang sudah disebut di atas, agan masih perlu bahan tambahan berikut

  • Gula donat (gula bubuk khusus untuk donat)
  • Cokelat leleh

C. Tips Cara Membuat Kue Donat yang Empuk berbahan Kentang
Setelah bahan-bahannya lengkap, saatnya membuat kue donut, ini dia cara buat donut:
1) Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi gan, yaitu tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant dalam satu wadah lalu di aduk hingga merata;
2) Setelah itu, masukkan kentang yang sudah dihaluskan tadi dengan bahan-bahan yang sudah di campurkan dan diratakan dalam 1 wadah;
3) Masukkan kuning telur yang sudah di siapkan dengan air dingin, uleni hingga merata dan setengah kalis;
4) Jangan lupa, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 20 menit;
5) Buatlah adonan menjadi 12 buah donat yang dibentuk bulat-bulat dan diberi lubang pada tengah nya lalu diamkan adonan selama 20 menit, tunggu sampai adonan terlihat mengembang;
6) Masukkan minyak lalu panaskan (masukan minyak sekiranya bisa membuat donat terendam) Goreng donat yang sudah dilubangi tadi dengan api sedang sampai kuning keemasan;
7) Apabila sudah kekuning-kuningan, angkat, kemudian tiriskan;
8) Yang terakhir atau finisihingnya, agan taburkan gula donat, atau hias dengan coklat sebagai pemanis. 

Oh iya gan, untuk toping donuts, agan bisa kreasikan sesuai keinginan atau selera agan, misal meses, kacang, strawberry, etc.

Semoga tips cara membuat donut empuk enak lezat di atas dapat menginspirasi agan-agan semua, selamat mencoba, kalau bekum berhasil tanyakan pada ahli buat donut tentunya, Selamat menikmati juga yang sudah berhasil.

Sumber: Om google ; Berita Unik

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...