Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Awas! Ini dia Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Sunday, July 7, 2013 | 7:41 AM

Bahaya Kurang Tidur – Begadang jangan begadang kalau tiada artinya….masih ingat dong agan uniknih dengan lagunya Bang Haji Rhoma….Ternyata benar kata Raja Dangdut ini, kurang tidur bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Tentunya, kalau begadangnya karena ada keperluan mendesak demi kebaikan dan tidak terus menerus sih masih dipertimbangkan.

Anyway, namanya ketidakteraturan ternyata berdampak juga, seperti masalah atau akibat bagi kesehatan karena kurang tidur atau tidur yang  tidak cukup sesuai kebutuhan si tubuh. Seperti dilansir memobee & jaringnews berikut yang mempublish beberapa akibat atau bahaya karena kurang tidur terhadap kesehatan tubuh. Langsung aja cekoditttt...agan uniknih

Sebaiknya kita jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur di atas jam 12 malam, banyak risiko kesehatan yang mengancam.


1. Masalah Jam biologis tubuh
Jam biologis tubuh adalah istilah bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Apabila agan sering tidur di atas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

2. Masalah Insomnia berkepanjangan
Teralalu sering tidur di atas jam 12 malam, Anda bisa menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Apabila dibiarkan, saat bangun Anda menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

3. Masalah Produktivitas menurun
Tidur di atas jam 12 malam sama artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Dampkanya, saat berada di tempat kerja, Anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas.

4. Masalah Kebalan Tubuh / Sistem imun
Berkaitan dengan jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, kinerja otak ikut terhambat mengenai masalah ini. Tidur di atas jam 12 malam pada akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

5. Masalah Penyakit kardiovaskular
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. So artinya, jangan tidur di atas jam 12 malam jika memang ingin memenuhi jadwal tidur harian dan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Risiko kanker
Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

So, dianjurkan  jangan mengurangi jatah tidur 8 jam dan jangan sering tidur terlalu larut malam.
Salam sehat .

Wallahu a'lam ..kalau untuk meyakinkan fakta-fakta kesehatan akibat kurang tidur bisa ditanyakan/dikonsultasikan kepada dokter Anda.


Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...