Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Tips Jitu Atasi Stress Dalam 10 Menit

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, December 14, 2012 | 10:06 PM

Hidup bahagia tanpa stress mungkin gak yah? Ini mungkin harapan setiap orang. Tuntutan hidup dan makin meningkatnya aktivitas pekerjaan sehari-hari seringkali membuat kita stres. Stres yang berlarut-larut dapat memicu sakit jantung dan menyumbat arteri. 

Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita lebih mudah terserang penyakit, seperti flu dan demam. Banyak penyakit yang berhubungan dengan stres, mulai dari mag dan demam tinggi sampai asma dan kanker. Bahkan, stres dapat memperburuk penurunan daya ingat seiring dengan bertambahnya usia.

Tapi, santai saja. Banyak jalan menuju Roma, banyak pula cara ampuh untuk mengatasi stres. Menghilangkan stres akibat rutinitas sehari-hari bisa dilakukan di mana saja, dengan cara yang sederhana. Hanya memakan waktu lima sampai sepuluh menit dalam sehari. Tidak percaya? Simak kiat-kiat / 7 cara ampuh untuk mengusir (bebas dari) stress di bawah ini. Selama satu minggu ke depan, terapkan satu tips yang berbeda setiap harinya. Lalu ingat-ingat, mana yang lebih ampuh. Dengan begitu, Anda bisa menemukan dua atau tiga cara yang dapat Anda terapkan jika stres kembali menyerang:

1. Diam sejenak
Satu kali dalam sehari, luangkan lima sampai sepuluh menit untuk duduk dengan tenang tanpa melakukan apapun. Pusatkan perhatian pada suara-suara di sekitar Anda, rasakan suasana hati Anda, dan regangkan otot-otot leher, bahu, tangan, kaki, dada, dan lainnya. 


2. Tertawalah sepuasnya
Simpanlah hal-hal kecil yang dapat membuat Anda tertawa. Buku komik favorit atau voice mail lucu dari anak maupun teman Anda, misalnya. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton sitkom kegemaran Anda. Cara ini bisa Anda lakukan berulang kali setiap Anda membutuhkannya.

3. Putar Musik Favorit
Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati. Putarlah musik-musik ringan seperti musik klasik, country, jazz, atau musik lain kesukaan Anda, saat menghadapi tugas-tugas yang berat. Di tempat kerja, Anda pun bisa mendengarkan musik melalui CD ROM. Jalanan macet ? Santai saja. Daripada marah-marah, lebih baik putar musik.

4. Visualisasi yang Menyenangkan
Bayangkanlah wajah si dia atau hal yang paling Anda sukai selama 15 detik sampai lima menit. Boleh juga memikirkan rencana liburan yang mengasyikan. Membayangkan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan berpikir positif juga ampuh untuk mengusir stres.

5. Jalan-jalan Dulu
Bangunlah dari sofa dan tinggalkan sejenak meja kerja Anda. Langkahkan kaki untuk berjalan-jalan selama 10 menit.

6. Atur Napas
Secara perlahan-lahan, bernapaslah dalam-dalam sebanyak enam kali dalam satu menit. Dengan kata lain, ambil napas selama lima detik, lalu lepaskan selama lima detik berikutnya. Lakukan selama lima menit.

7. Relaksasi
Sebelum tidur dan saat bangun keesokan harinya, luangkan waktu lima menit untuk melakukan relaksasi. Mulailah dengan menegangkan jari-jari kaki, lalu lemaskan. Lanjutkan pada otot-otot kaki, betis, paha, pantat, dan terus ke atas. Terakhir, lakukan senam wajah untuk melemaskan otot-otot muka.

Source: Bebas Stres Dalam 10 Menit, Respati Wulandari, Reader’s Digest Indonesia 

Read more: http://www.tipscerdas.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...