Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi [Tips Cerdas]

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, December 14, 2012 | 5:18 AM

Agan uniknih sudah dengar tidak berita heboh penggerebekan yang dilakukan oleh Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan terhadap pabrik penggilingan daging babi yang diolah menjadi bakso, yang berlokasi di Cipete, Jakarta Selatan (medeka, 13.12.2012).  Parah yah gan. Ada analisis yang mengatakan pemicu penyimpangan ini bisa dikarenakan harga daging sapi yang lebih mahal dari daging babi. Parah bener2 parah gan, karena ingin meraup untung besar lantas menghalalkan segala cara yah..sampai yang haram2 pun dijual.

Namun, bagi para penikmat bakso jangan khawatir, itu kan hanya oknum yah, tidak semuanya bakso mengandung babi seperti berita di atas. Terus bagaimana cara membedakan bakso babi dengan bakso sapi
Gambar Bakso: Ilustrasi
1. Cermati aromanya

Setelah bakso daging babi direbus di dalam dandang, biasaya aroma khas daging babi akan tercium. Pada umumnya, daging babi beraroma lebih amis dibandingkan dengan daging sapi. Untuk itu, Anda patut waspada jika aroma bakso tak seperti aroma bakso daging sapi seperti biasanya.

2. Cermati tekstur bakso

Daging babi celeng memiliki tekstur lebih kasar. Jika dijadikan bakso, maka akan mudah pecah bila ditusuk sendok. Jika Anda memakan bakso yang sudah terlihat seperti itu, maka lebih baik berhenti memakannya. Bisa saja bakso tersebut memang dicampuri dengan daging babi.

3. Rasanya berbeda

Jika bakso tersebut sudah tercampur degan daging babi, maka rasanya pun sedikit berbeda. Bakso tersebut, saat dikonsumsi akan terasa lebih gurih. Namun, ada juga pedagang bakso yang licik dengan menambahkan bawang putih untuk menghilangkan ciri khas bau daging babi tersebut.

4. Harganya lebih murah

Karena harga daging sapi yang terus meningkat bahkan pernah tembus Rp 100.000/ kg membuat harga bakso pastinya sedikit banyak akan mengalami kenaikan nah jika kamu menemukan harga bakso yang lebih murah dari harga biasanya perlu diwaspadai bahwa baksonya bisa saja terbuat dari daging babi yang harga dagingnya memang lebih murah dari harga daging sapi.

5. Beli Bakso kemasan yang ada tulisan halal

Nah cara yang satu ini sudah tidak diragukan lagi jika kamu membeli bakso diproduk kemasan dengan tulisan halal sudah pasti bakso yang kamu makan adalah bakso sapi dan bukan bakso daging babi.

Nah itulah beberapa tips untuk membedakan bakso daging sapi dengan baso daging bab.
Sumber Tips Unik : foto-menarik.blogspot.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...