Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

6 Tips Cerdas Membeli Smartphone

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, December 14, 2012 | 3:55 AM

Agan unik nih apakah sedang menimbang-nimbang untuk membeli SmartPhone?

Membeli smartphone mungkin suatu perkara mudah. Kita hanya cukup mengeluarkan uang saja. Jangan salah, meski terlihat simpel, membeli sebuah perangkat smartphone terkadang juga sangat menyulitkan. Betapa tidak, teknologi yang diusung tiap-tiap vendor terus berkembang, jadi bila kita tidak jeli dalam menentukan dan membeli smartphone, tentu kita akan mendapatkan teknologi yang ketinggalan zaman. Berikut adalah tips dalam memilih smartphone.

1. Perencanaan Anggaran

Sebelum mulai untuk memilih sebuah smartphone idaman, alangkah baiknya jika kita melakukan perencanaan serta estimasi range harga terlebih dahulu. Jika memang memungkinkan, carilah ponsel dengan kriteria dan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang minimal. Sebagai salah satu referensi kita sebelum membeli smartphone, sebaiknya carilah informasi yang lengkap mengenai smartphone.


2. Menentukan Merk

Setelah melakukan perencanaan anggaran atau budgeting, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menentukan merk yang paling kita minati. Jika merk sudah kita tentukan, kemudian kerucutkan menjadi varian atau beberapa seri yang paling kita inginkan lalu mulailah bandingkan dengan beberapa varian yang serupa. Hal ini bisa dilakukan sebagai bahan perbandingan atau komparasi dalam mencari alternatif terbaik dari beberapa pilihan.

3. Jenis dan Kemampuan

Mengetahui performa hardware tentu akan membuat pilihan kita semakin terarah dan semakin baik. Hal pertama yang kita lakukan adalah mengecek prosesor. Prosesor merupakan salah satu hal yang paling penting yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Kecepatan serta performa sebuah prosesor akan sangat menentukan kecepatan suatu aplikasi pada saat dijalankan.

4. Fitur Smartphone

Mengecek fitur-fitur apa saja yang menjadi standar bawaan smartphone dan jenis-jenis konektifitas jaringan sebuah smartphone juga menjadi hal yang penting. Semakin lengkap fitur-fiturnya, maka tentu akan semakin baik nilai smartphone tersebut. Mengenai jenis-jenis konektifitas sebuah smartphone, standarnya adalah GSM (900/1800/1900 MHz) & HSDPA (900/1900/2100) yang sudah mendukung koneksi jaringan di luar Indonesia sehingga kita tetap bisa terkoneksi dengan baik.

5. Sistem Operasi (Operating System)

Jenis-jenis operating system sangatlah bermacam-macam, dari mulai Android versi 1.1, Android versi 1.5 (Cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt), Android versi 2.3 (Gingerbread), Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb), Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich), Android versi 4.1 (Jelly Bean) dan yang terbaru yaitu Key Lime Pie masih menunggu untuk dirilis.

6. Layanan Purna Jual

Yang paling penting, layanan purna jual. Dukungan after sales service yang baik tentu akan menjadi nilai plus dari suatu produk. Semakin banyak tempat-tempat layanan purna jual dari suatu produk, maka akan semakin memudahkan kita untuk bisa melakukan servis manakala smartphone yang kita miliki mengalami masalah. Selain hal tersebut, mendapatkan informasi yang detail mengenai masa garansi suatu produk adalah sebuah keharusan bagi kita saat hendak memutuskan membeli sebuah smartphone.

Read more: www.tipscerdas.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...