Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, November 9, 2012 | 10:49 PM

Bagi fresh graduate, hal yang biasanya selalu berkecamuk di hati dan pikiran biasanya adalah bagaimana caranya mendapat pekerjaan yang sesuai harapan, keinginan, gaji yang sesuai, dan syukur-syukr pekerjaannya cocok dengan dengan background pendidikan. Kalau sudah dapat pekerjaan, plong rasanya! Namun, melamar pekerjaan dan mendapat pekerjaan sepertinya bukan barang yang mudah bagi kebanyakan para fresh graduate alias orang yang baru lulus kuliah/sekolah. Mereka harus bersaing dengan para pelamar kerja yang sudah mempunyai pengalalan bekerja sebelumnya. Tapi, jangan minder dan jangan takut para fresh graduate, tetap semangat melamar kerja. Kali ini uniknih akan mencoba menyajikan tips melamar pekerjaan bagi fresh graduate, hasil telusuran di sumber-sumber yang menurut uniknih.com layak untuk dicoba!  Ini dia tips melamar kerja nya

1. Melakukan Riset Jenis Pekerjaan dan Perusahaan yang mau dilamar 
Pertama dari yang utama saat akan melamar kerja adalah terlebih dahulu melakukan Riset mengenai  jenis pekerjaan yang Anda inginkan, atau perusahaan mana yang menyediakan jabatan atau posisi yang cocok dengan kita. Setelah kita mendapatkan perusahaan yang kita inginkan, jangan lupa untuk mencari data tentang perusahaan tersebut. Informasi mengenai profil/seluk-beluk perusahaan tersebut sangat berguna agar Anda dapat melontarkan pertanyaan lebih jauh pada saat sesi wawancara. Semakin banyak informasi yang Anda kumpulkan akan membuat Anda semakin yakin bahwa pekerjaan itulah yang pas untuk agan-agan, atau justru sebaliknya.

a. Ketahuilah Posisi/jabatan yang diinginkan
  • Perhatikan posisi atau jabatan yang tersedia dalam sebuah lowongan kerja. 
  • Coba cari tahu detail informasi mengenai uraian kerja yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang bekerja untuk posisi tersebut. 
  • Selain uraian pekerjaan, galilah informasi seputar jenjang karir yang ada serta gaji yang dibayarkan untuk posisi tersebut. Hal ini penting sekali dilakukan agar anda tidak salah memilih pekerjaan. Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain ilalang, demikian pula halnya pekerjaan. 
  • Di instansi yang berbeda maka beban kerja, gaji, dan jenjang karirnya pun akan berbeda detailnya, namun gambaran umumnya tetaplah sama. Pastikan kita tertarik dengan posisi atau jabatan tersebut, jika tidak abaikan dan cari yang lain.


b. Ketahuilah Kualifikasi yang dibutuhkan
tips melamar kerja
  • Sebelum membuat lamaran, perhatikan kualifikasi atau syarat-syarat yang diminta oleh perusahaan sesuai yang ada di informasi lowongan kerja. Siapkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti ijazah, sertifikat, foto, CV, TOEFL, dsb. sesuai dengan informasi yang ada. 
  • Khusus untuk lamaran yang terbuka secara global, komputerisasi, dan dengan sistem yang baik, maka pastikan anda memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan dan melampirkan dokumen pendukung yang diminta,  jika tidak, maka bisa jadi lamaran anda tidak akan diproses lebih lanjut.
  • Namun, untuk melamar di perusahaan lokal/daerah atau perusahaan kecil, maka jika ada satu atau dua persyaratan yang tidak anda penuhi, maka jangan langsung patah semangat. Bagi anda yang memiliki semangat dan keyakinan yang tinggi untuk mampu mengerjakan pekerjaan yang dimaksud, maka tetaplah mengajukan lamaran dengam membuat surat lamaran dan CV yang mampu menarik perhatian HRD/Pimpinan perusahaan. Perbedaan jurusan, jenis kelamin, batasan usia minimal atau maksimal, dan pengalaman kerja merupakan beberapa faktor yang masih dapat dipertimbangkan oleh perusahaan jika anda mampu memberikan kesan yang baik di CV dan saat wawancara.



2.MemBuat dan Menyiapkan Berkas lamaran
tips melamar kerja
a. Kelengkapan Berkas Lamaran yang penting
  • Buatlah berkas lamaran dengan tata bahasa yang baik dan memiliki nilai jual. Selain surat lamaran, lengkapi berkas lamaran anda dengan CV. Adapun informasi yang perlu diuraikan di dalam CV adalah  biodata anda (nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, foto, alamat, dan nomor handphone), riwayat pendidikan formal, riwayat pendidikan informal, pengalaman organisasi, pengalaman kerja (jika ada), uraian singkat mengenai kelebihan dan kekurangan anda. Untuk pendidikan dan pengalaman kerja, uraikan dari yang terbaru. Saat menuliskan kekurangan anda, lengkapi dengan langkah atau cara yang anda gunakan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Pastikan surat lamaran dan CV  ditandatangani dan dibubuhi nama terang.
  • Memilih berkas lamaran di antara tumpukan lamaran yang ada bukanlah hal yang mudah bagi HRD atau pimpinan perusahaan. Surat lamaran dan CV adalah senjata anda untuk mendapatkan kesan pertama yang baik guna mencuri perhatian mereka. So, jangan takut untuk berkreasi dalam membuat lamaran dan CV yang menarik.
  • Lampirkanlah sertifikat yang memiliki relevansi dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Sertifikat yang tidak memiliki relevansi meski jumlahnya banyak sekali anda lampirkan, tetap tidak akan menjadi poin penilaian bagi HRD/pimpinan perusahaan.

b. Berikan Alamat dan Nomor Telepon yang Valid
  • Alamat dan nomor telepon merupakan hal yang wajib anda tuliskan di amplop lamaran. Ingat, berikan nomor telepon yang valid. Khusus bagi anda yang senang sekali gonta-ganti nomor telepon, maka sudah saatnya anda memiliki nomor telepon yang fixed. Inilah yang akan menjadi kendaraan bagi anda untuk menerima kabar dari perusahaan mengenai lamaran anda. Setelah menuliskan nomor telepon, check kembali untuk memastikan nomor yang anda tulis benar adanya.
  • Sering kali ditemui pelamar yang nomor handphone atau telponnya tidak valid. Hal hasil perusahaan tidak bisa menghubungi dan peluang anda mendapatkan pekerjaan akan hangus seketika. Handphone atau telpon anda harus selalu standby untuk dapat dihubungi, jangan sampai kesempatan anda mendapatkan pekerjaan justru hilang karena hp anda tidak aktif atau anda berada dilokasi yang tidak ada signal. uniknih.com
  • Oh iya, ketika anda menuliskan alamat di amplop lamaran, pastikan anda menulis alamat anda di sebelah kiri atas amplop, dan alamat perusahaan yang dituju di sebelah kanan bawah amplop. Ini sangat simpel tapi ada juga penulis menemukan pelamar yang tidak paham dengan aturan penulisan alamat surat.

c. Lampirkan Foto yang Profesional 
  • Jika perusahaan mensyaratkan foto dalam lamaran kerja, pilihlah foto yang membuat Anda terlihat profesional. Jangan pakai foto yang diambil dari Facebook hanya karena Anda tampil menarik (atau seksi). Bagaimana Anda mau dianggap sirius bila foto yang dilampirkan terlihat main-main dan hasil editan sotosop?
  • Umumnya perekrut lebih menyukai foto yang simpel but sure. Pergilah ke studio foto dan bikin satu foto yang bagus – untuk investasi Anda ketika melamar pekerjaan, potonya cukup satu kali di pakenya bisa berkali kali.


d. Berikan Alamat email yang profesional
  • Agan-agan ingat yah, alamat email seperti asoygeboycuantixxtiad atara@yahoo.com atau dadangpalinggantengmilikpipit@ymail.com sepertinya kurang menarik jika dipajang di CV. Anda kan sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan jadi sebaiknya hindari alamat email yang terlalu personal. 
  • Buatlah satu akun email dengan nama asli Anda untuk keperluan resmi. Jangan sampai Anda kalah bersaing dengan pelamar lainnya hanya karena alamat email Anda yang kocak.


e. Buatlah Curriculum Vitae yang informatif dan tepat sasaran
  • Kalau bisa, jangan kirim CV yang persis sama ke semua perusahaan. Sebisa mungkin memodifikasi” terlebih dahulu setiap kali Anda melamar. Beri penekanan pada prestasi atau keahlian yang sesuai dengan posisi incaran. Tidak perlu mencantumkan prestasi pemenang lomba lari bila memang posisi yang Anda inginkan tidak membutuhkan keahlian atletik.
  • Informasi pendidikan juga cukup dimulai dari SMA saja, tidak perlu PAUD, TK kecil, TK besar. Intinya, berikan informasi yang bisa menunjukkan Anda orang yang tepat untuk posisi ini.
  • Jangan buat CV yang terlalu panjang. Pihak perekrut akan menerima setumpuk lamaran, jadi satu menit pertama amat menentukan. Jangan buang waktunya sia-sia dengan membeberkan prestasi Anda dari sejak TK. Buatlah kesan yang baik di surat lamaran sehingga mereka mau membaca hingga habis.
  • Anda boleh menyertakan alamat Linkedin atau blog yang berisi portofolio bila diperlukan. Tetapi apa pun yang terjadi, jangan pernah meminta perekrut untuk mendownload sendiri CV Anda dari Internet. Tidak semua kantor punya koneksi bagus.
  • Usahakan jangan mencontek CV orang lain. Awas, para perekrut sudah sering membaca bertumpuk CV jadi mereka bisa mengenali mana yang 'KW' dan mana yang ori. Usahakanlah membuat surat lamaran dengan kalimat orisinal untuk meningkatkan kemungkinan Anda diterima.
  • Kalaupun belum memiliki pengalaman, Anda bisa menceritakan poin kekuatan Anda yang cocok untuk pekerjaan yang diincar. Tak perlu membuat surat lamaran yang terlalu panjang. Fokus pada kekuatan Anda dan tentunya jangan lupa mencantumkan informasi kontak agar mudah dihubungi.


3. Saat Dipanggil Wawancara 
a. Pakailah Pakaian yang Formal 
  • Bagi anda yang akhirnya lulus seleksi administrasi tentu akan dipanggil untuk melakukan serangkaian test. Saat test, perhatikan performance anda. 
  • Pilihlah pakaian yang formal (kemeja atau blezzer dipadukan dengan celana atau rok). 
  • Hindari penggunaan celana atau rok berbahan jeans karena menimbulkan kesan terlalu santai (informal).
  • Lengkapi dandanan anda dengan menggunakan sepatu (jangan sesekali menggunakan sandal). Pakaian anda tidak harus mahal, tetapi harus sopan. 
  • Gunakan pewangi atau parfum yang soft karena aroma yang terlalu keras justru akan sangat menganggu orang di sekitar anda, terutama pewawancara.

b. Bahasa dan Body language 
  • Saat test, jika anda tidak berani pergi sendiri, anda dapat ditemani oleh teman anda, namun pastikan ketika masuk ke kantor perusahaan tersebut, anda masuk sendiri. Membawa teman saat test tentu akan menciptakan image bahwa anda bukan pribadi yang independen.  Dan di saat anda diminta untuk menunggu di lobby atau ruangan tunggu, maka jagalah body language anda. 
  • Jika anda menunggu dengan calon kandidat yang lebih dari satu orang, tentu akan ada momen dimana anda saling berbicara dengan para kandidat. Berbicaralah dengan intonasi yang baik dan jaga volume suara anda, jangan sampai menimbulkan suara gaduh. 
  • Jika anda atau rival anda memiliki opini seputar kesan pertama di kantor tersebut, sebaiknya tidak perlu di bahas di dalam kantor tersebut. Hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi selama anda di ruang tunggu, perusahaan telah menilai anda, bisa melalui CCTV atau justru kuping reseptionist.
  • Saat wawancara, tunjukkan sikap yang tenang , sopan, dan pakailah bahasa yang baik dan jelas. Duduklah dengan tegak, letakkan tangan anda di paha anda, jangan sekali-kali meletakkan tangan anda dimeja. Body language lahir secara refleks dari apa yang anda pikirkan, inginkan, dan rasakan.
  • Tegas, lugas,  dan konsistenlah dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Pandangan mata lurus ke depan menatap pewawancara dengan antusias. Ini akan mampu memberikan kesan bahwa anda adalah pribadi yang energik dan bertanggung jawab. 
  • Konsentrasilah terhadap pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara sehingga anda tidak salah dalam menafsirkan dan memberikan jawaban. Meski anda tegas, namun jangan pelit untuk tersenyum. Senyum justru akan menunjukkan bahwa anda pribadi yang ramah dan tenang dalam bersikap.

c. Ajukan pertanyaan
Siapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepada sang pewawancara nanti. Orang yang tidak mempunyai pertanyaan pada akhir wawancara menunjukkan kurangnya antusias terhadap pekerjaan atau perusahaan yang dilamarnya.


4.Saat Mulai Bekerja
a. Hari Pertama Bekerja
  • Hari pertama bekerja adalah saat yang paling menentukan image anda di mata sesama karyawan, maupun pimpinan. Hadapi hari pertama anda dengan tenang dan datanglah sedikit lebih awal sehingga anda memiliki sedikit waktu untuk sekedar merilekskan diri. 
  • Tersenyumlah, ya senyum adalah langkah termudah, murah, namun mempunyai power yang luar biasa. Jadilah pribadi yang ramah sehingga anda membuat orang nyaman bersama anda. Jangan sungkan untuk bertanya jika anda tidak yakin akan sesuatu hal, ini tentu tidak semata menghindari terjadinya kesalahpahaman, anda justru terhindar dari resiko melakukan kesalahan.
  • Jadilah pengamat yang baik di hari pertama anda, pelajari step by step sistem yang ada serta kenali budaya kerja di sana. Anda boleh menggali informasi tentang perusahaan tetapi lakukan dengan cara-cara yang cantik sehingga anda tidak terkesan agresif.


b. Kontribusi
  • Meskipun anda seorang fresh graduate, jangan pernah merasa minder dengan senior tempat anda bekerja, fokuslah untuk terus belajar dan belajar agar anda mampu meningkatkan kinerja anda.
  • Lakukan evaluasi sehingga anda mampu meminimalisir kesalahan yang sama dalam menyelesaikan pekerjaan anda. 
  • Berikanlah ide atau terobosan yang dapat menjadi kontribusi nyata bagi perusahaan untuk memiliki sistem kerja yang lebih baik sehingga pekerjaan yang sama dapat dilakukan dalam rentang waktu yang lebih cepat dan dengan hasilyang lebih akurat, tepat, dan berkualitas.


c. Peraturan perusahaan
  • Dunia sekolah atau kampus tentu berbeda dengan dunia kerja. 
  • Di dunia kerja anda terikat dalam sebuah sistem yang memiliki peraturan yang wajib untuk anda patuhi. 
  • Jadi, sebagai fresh graduate, jangan menganggap remeh peraturan yang ada, salah-salah anda justru dapat di berikan surat teguran atau bahkan dipecat karena ketidaktaatan anda terhadap peraturan yang ada meskipun anda seorang yang jenius sekalipun.


k.  Cintailah Pekerjaan Anda!
  • Dalam bekerja, anda harus memberikan yang terbaik yang anda punya sehingga orang bisa melihat kualitas anda yang nantinya menjadi dasar bagi perusahaan dalam mengevaluasi kinerja anda. 
  • Hal ini akan berdampak kepada jenjang karir  anda yang berujung pada peningkatan gaji/tunjangan. 
  • Namun demikian, jangan pernah anda sekali-kali mencintai perusahaan tempat anda bekerja, yang perlu anda camkan adalah bagaimana anda mencintai pekerjaan anda.

Selamat berjuang! Selamat Melamar Kerja! Semoga agan-agan uniknih mendapat pekerjaan yang sesuai harapan! uniknih.com
Sumber referensi Tips Melamar Kerja yang sudah coba ditelusuri oleh uniknih.com. Give credit to them:
-memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=4523
-kaskus.co.id/thread/000000000000000016713676
-muda.kompasiana.com/2012/05/23/tips-melamar-pekerjaan-dan-membangun-karir-untuk-fresh-graduate/


Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...