Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Sumber Nutrisi untuk Mencegah / Mengurangi Ketombe

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, November 2, 2012 | 4:05 PM

Memiliki rambut yang sehat dan indah pastinya menjadi impian setiap orang. Tapi kalau, sudah ketombean, rasanya bikin kesel, tul gak agan-agan uniknih. Untuk mengatasi ketombe, ada baiknya kita melakukan upaya-upaya preventif /pencegahan. Upaya mencegah ataupun mengurangi timbulnya ketombe bisa dilakukan dengan nutrisi alami. Seperti dilansir id,she.yahoo, inilah nutrisi alami untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. 

Selain menganggu kenyamanan, ketombe juga mengurangi keindahan rambut. Tetapi tenang, beberapa nutrisi ini dapat membantu mengurangi produksi ketombe di kulit kepala:

1. Bawang putih
Khasiat kesehatan bawang putih sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih dikenal mengandung berbagai zat bermanfaat untuk membantu penyembuhan. Khusus untuk ketombe, bawang putih juga bisa membantu mengurangi timbulnya serpihan putih di rambut tersebut.


Hal ini karena bawang putih mengandung zat bernama allisin. Zat tersebut bisa berfungsi sebagai anti jamur alami yang bermanfaat. Untuk mengurangi serangan ketombe, bawang putih dapat dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit. Caranya, geprak bawang putih lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah digeprak, bawang putih memproduksi semakin banyak allisin. Setelah itu bawang putih dapat digunakan untuk bumbu masakan atau masker rambut. 

Untuk masker rambut, agar lebih nyaman campur bawang putih yang sudah dihancurkan (bukan diiris) dengan madu murni. Balurkan pada rambut, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan bau bawang putih pada rambut. 

2. Jahe 
Ketombe juga bisa muncul karena adanya proses pencernaan yang kurang baik. Jahe dapat membantu mencegahnya, karena selain bisa membantu memperbaiki pencernaan, jahe juga mengandung zat yang berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. 

Jahe yang terbaik adalah jahe yang masih segar. Jahe bisa digunakan untuk campuran minuman, makanan, atau masker rambut. Untuk membuat masker rambut, haluskan jahe lalu campur dengan minyak zaitun hingga membentuk cairan kental. Usapkan merata pada rambut lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan shampo. Untuk hasil yang maksimal, ulangi 2-3 kali seminggu. Dalam waktu 3-4 minggu Anda bisa melihat hasilnya. 

3. Jeruk nipis 
Jeruk nipis cocok untuk mengatasi ketombe yang muncul karena rambut terlalu berminyak atau kering. Untuk pemilik kulit kepala kering, perasan jeruk nipis bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membunuh bakteri penyebab ketombe. 

Agar hasilnya maksimal, kombinasikan dengan minyak kelapa yang melembapkan. Campur perasan jeruk nipis dengan minyak kelapa. Usapkan merata pada rambut lalu diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan selalu langkah ini 30 menit sebelum keramas untuk hasil maksimal. 

Untuk pemilik kulit kepala berminyak, perasan jeruk nipis bisa membantu mengangkat minyak berlebih sekaligus memerangi bakteri penyebab ketombe. Potong-potong jeruk nipis menjadi empat bagian. Lalu usapkan pada kepala sambil ditekan untuk mendapatkan perasan jeruk. Setelah merata, pijat lembut kulit kepala agar perasan jeruk lebih menyerap. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan satu minggu sekali sebelum keramas. 

4. Apel dan cuka apel 
Siapa yang sangka apel segar bisa membantu mengurangi ketombe di kepala. Rahasianya? Apel memiliki enzim yang bisa membantu mengangkat sisa kulit mati dan kotoran penyebab ketombe. Menggunakan perasan apel pada kulit kepala selama 10 menit bisa membantu mengurangi ganasnya ketombe. Lakukan perawatan ini secara teratur sebelum cuci rambut. 

Tak hanya apel segar, cuka apel juga bisa membantu membasmi ketombe membandel. Cuka apel yang kini tersedia luas di supermarket atau toko obat mengandung enzim dan potasium yang ampuh mengobati ketombe. 

Gunakan cuka apel untuk memijat kulit kepala secara lembut selama 5-10 menit. Selain itu bisa juga campurkan satu sendok makan cuka apel pada bilasan terakhir saat mencuci rambut. Perawatan ini bisa membantu menghilangkan sisa kulit mati pada kepala yang berpotensi menyumbat pori-pori hingga menimbulkan ketombe.

Selamat tinggal, ketombe.


Semoga tips menghilangkan ketombe di atas bermanfaat!
Sumber tips: id.she.yahoo; uniknih.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...