Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Manfaat dan Rahasia Mentimun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Wednesday, November 7, 2012 | 7:53 AM

Agan uniknih, tahukah kamu ternyata mentimun banyak memiliki khasiat baik untuk kecantikan kulit wajah maupun kesehatan tubuh manusia

Secara ilmiah sebagaimana dilansir iptek.net.id yang membahas tentang Tanaman Obat Indonesia, Ketimun (Cucumis sativus L.) termasuk dalam Familia: Cucurbitaceae. Tanaman ini dibudidayakan dimana-mana, baik di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. 

Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhannya memerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan ke para-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl. Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara.

Sister uniknih, Khasiat ketimun sebagai bahan perawatan kecantikan tradisional ternyata sudah merupakan peninggalan alias warisan nenek moyang yang masih dilestarikan oleh banyak orang. 
Seperti dilansir oleh Tribunnews (2012/09/19), walaupun beragam produk kecantikan banyak bermunculan yang memudahkan para wanita melakukan perawatan wajah, artis cantik Indonesia Titi Kamal justru kadung percaya dengan cara tradisional yang sudah terbukti khasiatnya. Sebagai contoh, kadangkala ia masih menggunakan parutan mentimun, madu, atau stroberi sebagai masker untuk melembutkan kulit pada wajahnya. Begitu pula dengan lidah buaya, telur, dan kemiri untuk menjaga keindahan rambutnya.

Oke sisters uniknih, let's cekodiTTT manfaat mentimun untuk kecantikan seperti dilansir surabaya.tribunnews.com (15/8/2012)

1. Sebagai pendingin natural
Anda bisa memanfaatkannya setiap hari. Potong seiris mentimun dan letakkan di kulit sekitar mata. Setelah 15 menit bersihkan dengan air biasa.
 
2. Untuk masker wajah
Campurkan jus mentimun dengan dua sendok makan susu bubuk dan satu putih telur. Haluskan di dalam blender untuk mendapatkan pasta yang lembut. Oleskan di wajah dan leher, lalu bersihkan dengan air setelah setengah jam
 
3. Untuk melembutkan wajah
Campurkan jus mentimun dengan air mawar. Bubuhkan di wajah dan basuh dengan air biasa setelah 20 menit. Cara lain menggunakan mentimun adalah mencairkannya dengan blender. Pakai cairan tersebut sebagai lotion untuk kulit. Sedangkan ampasnya bisa ditambahkan untuk masker wajah.

Kit alanjut dengan khasiat ketimun bagi kesehatan. Merdeka.com (9/10/2012) pernah mengupas 7 manfaat timun bagi kesehatan tubuh , seperti diberitakan oleh Natural News.

1. Anti-dehidrasi
Mentimun mengandung 95 persen air yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghilangkan racun. Selain itu, mentimun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. 

2. Perawatan kulit dan rambut
Kulit mentimun dapat digunakan sebagai obat iritasi kulit. Anda juga dapat memakainya sebagai masker wajah atau mengurangi bengkak pada mata. Silikon dan sulfur yang dikandung oleh mentimun bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

3. Melawan kanker
Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan tersebut dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, rahim, dan prostat.

4. Membersihkan rumah
Mentimun dapat digunakan sebagai pembersih cermin. Anda bisa memakainya untuk menggosok cermin kamar mandi ataupun jendela rumah. Bahkan, mentimun juga dapat membetulkan engsel yang sering berderit lho. Cukup gosokkan mentimun di engsel yang berderit.


5. Meredakan bau mulut
Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah selama 30 detik. Phytochemcials dalam mentimun mampu membunuh bakteri mulut, yang menyebabkan bau mulut.

6. Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol, dan mengontrol tekanan darah 
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa, yang disebut sterol, dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah. 

7. Membantu menurunkan berat badan dan pencernaan
Mentimun dikenal sebagai makanan rendah kalori dan kaya air. Maka dari itu, mentimun adalah menu diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, mentimun juga dianggap sebagai obat sembelit kronis lho.

Seperti dilansir tempo.co (2012/08/25), kini, para ilmuwan menemukan manfaat tersembunyi dari makanan tradisional ini.
Dalam kondisi udara panas, menurut sebuah studi, mentimun menjadi makanan paling baik untuk mengatur suhu tubuh. Makanan ini bekerja lebih baik jika dibarengi dengan secangkir kopi atau teh atau bahkan dengan segelas minuman pahit.

Sumber Referensi yang sudah dijelajahi oleh Tim Quality Research Uniknih.com:
  • iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=23
  • tribunnews.com/2012/09/19/cuma-pakai-parutan-mentimun-wajah-titi-kamal-mulus
  • surabaya.tribunnews.com/2012/08/15/ragam-manfaat-mentimun
  • tempo.co/read/news/2012/08/25/060425368/Mentimun-Makanan-Paling-Dingin-Sedunia
  • merdeka.com/sehat/7-manfaat-super-dari-mentimun.html

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...