Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

KErennn..!Manfaat tempe bagi kesehatan diakui dunia internasional

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Wednesday, November 14, 2012 | 4:28 AM

Agan-agan yang hobi banget sama makanan domestik yang namanya "TEMPE" perlu tahu nih gan. ternyata manfaat tempe telah diakui dunia internasional. INi beritanya seperti dilansir jakartamediaonline
Tempe adalah makanan khas Indonesia yang bukan saja enak namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir oleh World’s Healthiest Foods  beberapa hari yang lalu.

Berikut beberapa manfaat tempe untuk kesehatan

Menurut jurnal World’s Healthiest Food tersebut, pada sekitar 113,4 gram tempe yang merupakan hasil fregmentasi kedelai, mengandung kalori sekitar 12 persen, Magnesium 21,8 persen, vitamin B2 23,5 persen, Fosfor 28,6 persen, Tembaga 30,5 persen, Protein 41,2 persen dan Mangan sebanyak 73 persen.

Manfaat tempe untuk kesehatan jantung
Kandungan protein tempe yang mencapai lebih dari 40 persen bisa dikategorika setara dengan kandungan daging hewani, namun berbeda dengan daging yang mengandung kolesterol jahat (LDL), pada tempe justeru sebaliknya mengandung kolesterol baik (HDL) yang bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh hingga sekitar 30 sampai 40 persen. Karena dibuat dari bahan dasar kedelai yang kaya nutrisi dan serat yang berfungsi mengikat kolesterol dan lemak dalam darah.

Seperti diketahuio, kolesterol LDL akan membentuk timbunan plak pada pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah tidak lancar dan memicu jantung untuk bekerja ekstra keras, salah satu penyebab stroke atau serangan jantung.

Manfaat tempe bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2, Serat dan protein pada tempe mampu mengendalikan kadar gula dalam darah karena kandungan kolesterolnya sangat rendah. Dengan demikian bagi penderita diabetes tipe 2 masih dapat mengkonsumsi tempe dengan aman dan mendapat asupan protein tinggi yang diperlukan tubuh.

Tempe mencegah kanker
Serat yang dikandung oleh tempe juga bisa mengikat racun dalam darah yang bisa memicu timbulnya kanker dalam usus besar, selain itu zat isoflavon yang dikandung oleh kedelai juga diketahui bisa menurunkan resiko terkena kanker prostat bagi pria.
Namun jangan lupa meski banyak manfaat tempe untuk kesehatan, namun dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan, dengan memasak tempe dengan cara dikukus, direbus atau digoreng (sebaiknya) tanpa minyak sama sekali
Sumber : jakartamediaonline.com/manfaat-tempe-untuk-kesehatan-diakui-dunia-internasional.html

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...