Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Ini dia Daftar Komputer Jadul yang Harganya Mahal!!!

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Wednesday, November 21, 2012 | 6:20 AM

Brother uniknih yang suka hobi sama barang-barang lawas alias jadul, ternyata gak semua barang lawas murah harganya. Contohnya adalah komputer2 jadul berikut yang saat ini dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Ternyata karena kejadulannya, komputer-komputer jadul ini bisa ditawar dengan harga yang melambung tinggi. 

Agan uniknih Mau tau apa aja komputer jadul yang harganya membungbung tinggi?? Inilah daftar komputer jadul tersebut;

1. Apple Lisa
Komputer yang mempunyai model lucu ini mempunyai nama loh, nama komputer ini Lisa. Ini adalah Komputer bersejarah bagi Apple. Apple Lisa ini lahir terlebih dahulu sebelum kalian mengenal iPad, Macbook, dan gadget canggih keluaran Apple lainnya. Steve Jobs dan juga Steve Wozniak awalnya merintis perjuangan lewat Apple Lisa di awal tahun 1980.
Di jamannya komputer ini dianggap sangat rumit dalam pembuatannya dan pada sat itu teknologinya juga sudah dinilai canggih di jamannya, seperti ada proteksi pada memori, graphical user interface, hingga performa multitasking.
Menurut sebuah catatan dari wikipedia, harga original dari komputer ini hingga bisa mencapai USD 10 ribu atau setara Rp 96 juta. Namun saat dilelang pada tahun 2011 lalu, harganya melonjak sampai USD 15 ribu.

2. Cray T94
Cray T94 dari komputer seri Cray T90 ini adalah buatan Cray Research di jamannya komputer ini merupakan salah satu perangkat kelas atas.
Komputer ini pertama kali dikapalkan pada tahun 1995 dan dianggap sebagai super komputer dan memiliki peak speed 1,8 gigaflop per prosesor.
Cray T90 sendiri memiliki tiga varian, yakni seri T94 (1-4 prosesor), T916 (8 atau 16 prosesor) dan T932 (16 atau 32 prosesor).
Saat peluncurannya, seri T932 dihargai sangat mahal, hingga mencapai 39 juta, sementara Cray T94 yang menjadi produk koleksi ini sekarang dibanderol USD 3.000.

3. MITS Altair 8800 S-100
Komputer ini mempunyai nama MITS Altair 8800 S-100 komputer yang mempunyai bentuk yang panjang ini pertama kali di kapalkan tahun 1975. Komputer ini ternyata produk pertama dari Microsoft dan di dalamnya mempunyai basis Intel 8080 CPU dan Altair Basic.
Walaupun usianya sudah berusia puluhan tahun tapi ada saja para kolektor komputer jadul yang berhasrat ingin memiliki barang ini. Kolektor yang tak disebutkan namanya itu pun sukses menebus MITS Altair 8800 S-100 seharga USD 5.000 di eBay.

4. Varian Data Machines 620L
Pasti banyak orang diluar sana yang tak mengenal ataupun familiar dengan nama Varian Data Machines. Barang ini merupakan salah satu divisi dari Varian Associates yang menjajakan mini komputer. Komputer ini di jual ke pasaran sejak tahun 1966.
Produk andalan dari Varian Data Machines ini adalah seri 620L 100 yang dirilis di tahun 1973 dan memiliki cycle time hingga mencapai 950 nanosecond.
Varian Data Machines 620L ini ternyata juga diburu oleh para kolektor. Harga jualnya sekarang ini bisa mencapai USD 10 ribu.

5. Apple I
Perusahaan yang sudah terkenal dan legendaris ini ternyata mempunyai nilai sejarahnya juga loh.
Circuit board yang di tanam di Apple I ini dilelang ternyata di lelang di rumah lelang Christie di London. Komputer yang saat ini berusia 36 tahun itu diharapkan bisa laku dengan harga sekitar USD 79 ribu hingga mencapai USD 126,500 atau berkisar antara Rp 756 juta sampai Rp 1,2 miliar.
Apple I ini dibuat tahun 1976 dan produk pertama yang dikomersialkan oleh Apple. Komputer unik ini dan juga sederhana ini dibuat oleh salah satu pendirinya yang bernama Steve Wozniak, dimana pada saat itu komputer tersebut di jual dengan harga USD 666,66.
“Produk ini adalah awal mula Apple, dimana saat ini telah menjadi salah satu perusahaan termahal di dunia,” ujar pihak Chirstie, James Hyslop.
Wozniak dan Steve Jobs berhasil menjual Apple I ini ke 150 pelanggan yang terdiri dari teman dan lain sebagainya. Menurut Christie, hanya tersisa 50 unit Apple I saat ini. Wauuuu.. Hebat.
Apple I yang bakal dilelang ini adalah buatan ke-22 yang sebelumnya merupakan milik Joey Copson, mantan pegawai Apple.
Sumber Berita Unik: Langitberitacom

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...