Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Tahukah kamu! Penyakit dan Pertolongan Pertamanya

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Saturday, October 6, 2012 | 11:03 PM

Siapa sih yang ingin sakit alias terganggu kesehatannya. Namun demikian, penyakit seringkali datangnya tiba-tiba tanpa dinyana-nyana ianya datang pada diri kita atau orang yang sedang ada di sekitar kita. Barusan uniknih browsing, ketemu artikel bagus di Ghiboo.com tentang beberapa penyakit dan cara pertolongan pertama yang perlu dilakukan dan yang jangan dilakukan. 

Ini dia informasi mengenai pertolongan pertama pada penyakit yang perlu diketahui, at least semoga bisa membantu yang terserang penyakit tersebut.

1. ​Luka bakar ringan



Lakukan: Membasuh sambil mendinginkannya dengan air mengalir selama 10-15 menit. Keringkan dengan kassa medis dan hindari penggunaan handuk kasar atau kapas karena bisa menempel pada luka. Setelah itu, oleskan krim antibiotik.

Jangan Lakukan: Mengoleskan pasta gigi, kecap atau mentega karena akan menjadikan luka semakin lama sembuh dan meninggalkan bekas pada kulit. 


2. Asma


LakukanPosisikan penderita untuk duduk tegak dan bersandar. Tujuannya adalah untuk membuatnya merasa nyaman dan mempermudahnya menarik napas dalam-dalam sambil mengontrolnya. Setelah tenang, beri obat asma.

Jangan Lakukan: Jangan meminta penderita untuk tiduran. Sebab justru pada posisi ini laju pernapasan akan lebih sulit.

3. Luka bakar berat


LakukanMenyingkirkan semua benda terbakar yang masih melekat pada tubuh (baju, kain, dan lain sebagainya), let it cool off, sambil lekas menelepon ambulans untuk penanganan cepat dan tepat.

Jangan Lakukan: Menyiramnya dengan air atau mengompresnya karena hal ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan hipotermia.

4. Keracunan makanan


LakukanAtasi dengan susu karena kandungan di dalamnya amat baik untuk menetralisir racun. Selain itu, berikan obat penyerap racun secepatnya, seperti Norit.

Jangan LakukanMenganggap ini hal biasa. Karena jika keracunan semakin parah bisa menimbulkan diare, dehidrasi akut, bahkan kematian.

Semoga info pertolongan pertama pada penyakit di atas berguna bagi kit asemua.
Sumber: health.ghiboo.com/penyakit-dan-pertolongan-pertamanya-habis

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...