Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, October 5, 2012 | 5:44 PM

"Tebak-Tebak buah Manggis, Siapa Dia Si Hitam Manis", masih ingat kan gan lagu kalau kita main tebak-tebakan jaman kecil dulu. Kita bisa menerka jumlah ruas daging di dalam buah manggis dengan melihat dari tanda seperti bintang kecil yang ada di kulit bagian bawah buah manggis. Apa hubungannya tebak-tebakan ini? Kali ini uniknih.com ingin menyajikan manfaat buah manggis untuk kesehatan. Tapi sebelum ke manfaat buah manggis ada baiknya kita tahu dulu apa sih buah manggis itu? 


Menurut Wikipedia, di sana dijelaskan "Menurut Wikipedia, di sana dijelaskan "Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.
Manggis berkerabat dengan kokam, asam kaidis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.
--
Ok deh gan, kit alanjut ke intinya, Ini dia manfaat buah manggis untuk kesehatan seperti di lansir oleh suaramerdeka.com
1. Mengandung senyawa xanthone
Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
2. Menghambat penuaan
Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda.
3. Anti kanker
Selain sebagai anti oksidan, khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.
4. Menyehatkan mata, kulit dan rambut 
Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu mebuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat. 
manfaat buah manggis
5. Meningkatkan stamina dan tenaga
Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.
Nah, saat Anda berbelanja buah manggis dan mengkonsumsinya, jangan buru - buru untuk membuang kulitnya. Justru kulit manggis itulah yang memiliki berbagai zat penyembuh. Kita bisa membuat seduhan kulit manggis sendiri, meskipun rasanya agak pahit.
Caranya mudah, cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. Mudah bukan?
Tetapi menurut Liska Yunitasari dalam bukunya Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis, Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.
Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.
----
Tambahan informasi mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh juga seperti diberitakan di situs kemu.com, di sana dijelaskan manfaat buah manggis antara lain adalah:
1. Mencegah kanker prostat
Usia yang semakin bertambah menyebabkan pembesaran paada prostat karena terjadi penumpukan bakteri pada saluran kencing. Hal inilah yang memicu terjadinya kanker prostat. Anda dapat mengambil manfaat buah manggis dalam mencegah kanker prostat dengan rutin makan buah manggis setidaknya 2 buah dalam sehari karena kandungan antioksidannya mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Mencegah jamur
Jamur tumbuh di kulit? Tentunya akan sangat mengganggu sekali dong? Dengan konsumsi secara rutin buah manggis dapat mencegah pertumbuhan jamur di kulit anda. Manfaat buah manggis yang satu ini dapat anda peroleh baik dengan memanfaatkannya sebagai masker ataupun langsung anda konsumsi.

3. Mencegah obesitas
Manfaat buah manggis yang terakhir ini disebabkan karena adanya senyawa xanthone. Senyawa ini mampu mengatasi sel dalam tubuh yang mudah mengeras, membesar dan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Xanthone mampu melunakkan kembali sel-sel yang mengeras dan dapat pula mengubah zat makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, sebaiknya anda yang memiliki berat badan berlebih, mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak makan buah-buahan salah satunya buah manggis.
---
Semoga informasi khasiat buah manggis di atas berguna bagi kita semua, sembari selalu mensyukuri kepada Allah SWT yang telah menyediakan buah-buahan yang enak untuk disantap dan sekaligus bermanfaat untuk kesehatanmanusia. 
Sumber: (1) id.wikipedia.org/wiki/Manggis (2) suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/03/15/747/Manfaat-Manggis-dari-Buah-sampai-ke-Kulit (3) kemuh.com/gaya-hidup/kesehatan/manfaat-buah-manggis

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...