Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Manfaat Buah Labu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Thursday, October 18, 2012 | 6:20 AM

Agan-agan uniknih tahu kan buah labu? Kalau belum tahu kebangetan, tul gak gan...? Dari Wikipedia, di sana dijelaskan  Labu merupakan buah yang dihasilkan oleh sejumlah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae), terutama yang berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau memanjang. Tidak ada kriteria yang jelas mengenai pemanfaatannya, sehingga labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu; namun labu biasanya tidak dimakan sebagai lalapan.
Beberapa jenis yang menghasilkan buah yang biasa disebut labu adalah

  • waluh Cucurbita moschata
  • waluh C. pepo
  • waluh C.
  • waluh C. maxima
  • labu air Lagenaria siceraria
  • beligo Benincasa hispida
  • belonceng
  • labu siam Sechium edule


Kok uniknih mbahas buah labu sih kali ini? Dari hasil terawangan ke om Google, ternyata ada khasiat buah labu yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Artikel mengenai manfaat buah labu antara lain dilasir detik.com seperti berikut!.

1. Buah labu kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, dan serat, serta memiliki rasa yang enak. Bahkan daging buah serta minyak biji labu menawarkan manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar glukosa darah, menyusutkan pembesaran prostat dan mencegah kebotakan pada pria.

2. Labu dan minyak biji labu mengandung alkaloid, flavonoid, dan 3 jenis asam lemak esensial, sehingga labu memiliki sifat anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan juga anti-diabetes.


Satu cangkir buah labu mentah mengandung 30 kalori, tanpa lemak, satu miligram sodium, 8 gram karbohidrat dan satu gram protein. Beban glikemik labu berada pada ukuran 3, sehingga labu menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Seperti dilansir naturalnews, Kamis (18/10/2012), menurut penelitian yang dilakukan oleh East China Normal University pada tahun 2007, menemukan bahwa labu berhasil mempromosikan regenerasi sel pankreas yang rusak pada tikus yang mengidap diabetes.

Konsumsi labu dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah tikus dengan meningkatkan fungsi insulin. Para peneliti percaya bahwa ekstrak labu dapat bermanfaat bagi manusia untuk mencegah maupun mengobati diabetes.

Di tahun 2009, tim peneliti dari Jepang juga menemukan bahwa pasta labu yang diterapkan pada kelompok tikus yang mengidap diabetes tipe 2 oleh kontrol laboratorium. Pasta labu dianggap efektif meningkatkan toleransi glukosa dan resistensi insulin.

3. Selain daging buahnya, biji labu juga dapat dimanfaatkan dengan mengambil ekstrak minyaknya. Minyak biji labu dihasilkan dari biji labu mentah atau yang disangrai. Minyak biji labu kaya akan asam lemak esensial, seperti oleat dan asam alfa-linoleat.

Asam linoleat yang terkandung dalam minyak biji labu dapat meningkatkan fungsi otak dan kelenturan kulit. Asam oleat dalam minyak biji labu menurunkan kolesterol jahat dan mempromosikan kesehatan jantung dan hati.

Urology International menerbitkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 tentang efek minyak biji labu terhadap tikus jantan yang mengalami pembesaran prostat. Studi tersebut menunjukkan bahwa tikus yang diobati dengan minyak biji labu sendiri atau dalam kombinasi dengan solusi lain mengalami penyusutan prostat yang membesar secara signifikan. 

4. Minyak biji labu juga mengandung asam lemak sehat omega-6 dan omega-9, pitosterol, dan vitamin E dan K. Minyak biji labu juga merupakan sumber beta-sitosterol, yang juga menghambat enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT, yang dapat mencegah kerontokan rambut pada pria

Dosis yang direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari minyak biji labu adalah satu sendok teh tiga kali sehari atau Anda juga dapat mengonsumsi buah labu atau kuaci dari biji labu yang alami tanpa diproses dengan tambahan garam.

--
Manfaat buah labu lainnya seperti dilansir femina.co.id
Ternyata, selain dijadikan sayur atau kue, labu juga memiliki banyak manfaat lain. 

1. Pada zaman dahulu, suku Indian menggunakan biji labu sebagai obat sakit perut dan gangguan usus
2. Ekstrak minyak labu juga telah lama digunakan oleh leluhur Cina untuk mengobati gatal kulit dan diminum untuk meringankan gangguan ginjal.

3. Selain itu, buah labu ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Di dalamnya terkandung vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan, vitamin E untuk membantu meredakan iritasi kulit, dan zinc untuk membantu proses regenerasi sel.

4. Kini, dengan kian canggihnya teknologi di bidang kosmetologi, khasiat buah labu juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit agar mendapatkan kulit wajah yang mulus, cerah, dan berkilau sehat


Semoga info manfaat khasiat buah labu untuk kesehatan yang sudah ditampilkan di uniknih.com bisa bermanfaat.
Sumber unik manfaat buah labu :
- health.detik.com/read/2012/10/18/143021/2066065/763/buah-labu-bisa-cegah-diabetes-botak-dan-sakit-prostat; 
- femina.co.id/cantik/beauty.tips/khasiat.buah.labu/002/005/17

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...