Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Ini dia! 10 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, October 19, 2012 | 9:25 PM

Agan-agan ada yang masih suka belanja ke pasar tradisional? Sebelum banyak berdirinya mal, supermarket, hypermarket, minimarket, kita sangat familiar dengan pasar tradisional. Tapi kayaknya akhir-akhir ini orang banyak yang lebih suka belanja ke pasar modern untuk alasan kepraktisan dan kenyamanan. Uniknih.com sih masih suka belanja k epasar tradisional, walaupun tidak selalu. Andai saja pasar tradisional bisa hidup maju, berkembang bersama-sama dengan pasar tradisional, alangkah indahnya kehidupan ekonomi bangsa kita.

Nngomng2 pasar tradisional, tahukah agan-agan di luar negeri, bahkan di negara maju pun masih ad apasar tradisional. Ini dia informasi mengenai 10 pasar tradisional terbaik di dunia seperti dilansir Republika

Pasar tradisional terbaik yang bertenger di urutan pertama ada di Barcelona, Spanyol.

1. Pasar La Boqueria, Barcelona, Spanyol.

 
Pasar tradisional La Boqueria sudah ada sejak abad ke-13. Dulunya, pasar ini adalah sebuah pusat penjualan daging babi.

Namun kini, pasar ini telah tumbuh sebagai pasar tradisional terbaik di dunia. Di pasar ini para pedagangnya menjual beraneka ragam ikan, daging dan sayur mayur segar.

La Boqueria juga dikenal sebagai tempat favorit untuk makan siang. Anda dapat menemukan beragam restoran seafood segar dan makanan ala mediterania di La Boqueria. 

2. Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang

 

uniknih.com
Masyarakat Jepang dikenal doyan mengonsumsi ikan segar. Karenanya tak heran jika pasar tradisional yang khusus menjual hasil tangkapan laut cukup banyak di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Salah satu pasar tradisional Tsukiji. Pasar ini dikenal sebagai pasar ikan dan seafood terbesar di dunia. Pasar ini menjual lebih dari 400 jenis makanan laut.

Anda bisa menemukan rumput laut, landak laut hingga kaviar yang harganya mencapai ratusan dolar dijual di pasar ini.

3. Pasar Union Square Farmer, New York City, AS.

 
Sebagai negara maju, Amerika Serikat, pasar di Negeri Paman Sam tersebut nyaris tertata rapi. Salah satu pasarnya adalah Union Square Farmer.

Pasar ini menampung hasil panen petani yang masih segar dan baru dipetik. Ada 140 petani lokal, penjual ikan, penjual roti, dan tukang daging yang menjual produknya di sini.

Saat ramai, jumlah pembeli di pasar segar ini mencapai 60 ribu orang. Terkadang, para koki selebriti menggunakan area ini sebagai tempat demo masak.


4. Pasar Or Tor tor, Bangkok, Thailand.

 
Pasar ini terletak di sebelah Pasar Chatuchak. Pasar Or Tor tor menjual beragam buah, sayur, hasil laut, manisan dan makanan jadi.

Di pasar ini Anda bisa membeli buah dan sayur berkualitas. Pasalnya, buah-buahan yang dijual para pedagang diimpor dari hampir seluruh negara-negar Asia.

Ketika perut lapar setelah berputar-putar, pengunjung bisa menikmati makanan khas Thailand yang dijajakan para pedagang di pasar tersebut.

5. Pasar St Lawrence, Toronto, Kanada

 
St Lawrence adalah salah satu pasar terbaik di Kanada dan dunia. Anda bisa berbelanja beragam jenis sayuran yang tumbuh di Ontario maupun buah-buahan tropis di pasar tersebut.

Pengunjung juga bisa membeli dan menikmati sajian beragam pie, roti panggang, dan daging rusa yang baru saja dimasak.

Setiap akhir pekan, petani setempat menjual produk organik musiman di Pasar Utara. Tradisi ini sudah dimulai pada 1803 silam yang masih lestari hingga kini. 

6. Pasar Borough, London, Inggris.

 
Borough dikenal sebagai pasar buah dan sayur tertua di London. Pasar ini berada di kawasan Southwark.

Pasar Borough sudah beroperasi sejak 1755 silam. Pasar ini khusus menjual produk lokal, keju olahan tangan dan roti.

Pasar ini juga dikenal sebagai pemasok bahan-bahan bagi restoran-restoran di London. Namun, tidak setiap hari pasar ini dibuka. Pasar Borough dibuka untuk umum pada Kamis, Jumat dan Sabtu.

7. Pasar Basah Kreta Ayer, Singapura.

 
Pasar ini terletak di kawasan Chinatown, Singapura. Pasar ini merupakan pasar basah khas Asia. Meski 'becek' bukan berarti pasar ini menampilkan kesan jijik. Pasar ini justru rapi dan bersih.

Kreta Ayer menjual sayuran segar khas Asia, katak, kura-kura hidup, obat herbal Cina, tahu dan telur yang diawetkan. 

8. Pasar Sentral Lancaster, Pennsylvania, AS.

 
Pasar ini adalah pasar tertua di AS. Pasar ini sudah beroperasi sejak 1730.

Pasar Sentral menjual berbagai barang impor, produk lokal, bunga segar, makanan laut dan roti panggang hangat. Tak hanya itu, di kalangan wisatawan pasar ini juga terkenal akan produk kerajinan tangan dan makanan khas masyarakat Amish, suku asli Pennsylvania.

9. Marché Provencal, Antibes, Prancis.

 
Marché Provencal terletak di kota tua Antibes. Di sana berbagai bahan-bahan masakan yang didistribusikan dari wilayah Provence.

Di Pasar ini, pengunjung bisa belajar seni memasak khas Negeri Napoleon Bonaparte itu. Setiap sore hari, pengunjung dapat melihat karya seni mulai dari keramik, ukiran kayu hingga lukisan seniman lokal. 

10. Pasar Basah Kota Kowloon, Hong Kong.

 
Bahan-bahan berkualitas terbaik dijual di pasar ini. Berbagai daging impor yang masih segar tersedia di pasar tersebut.

Sama seperti pasar-pasar tradisional di berbagai negara, pasar ini juga menjual ikan hidup dan sayuran segar. Selain itu, Pasar Basah juga menjual barang-barang yang didatangkan dari seantero Asia, termasuk Thailand.(*)


Sumber berita unik : republika.co.id/berita/senggang/unik/12/10/19/mc4tce-10-pasar-tradisional-terbaik-di-dunia-10

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...