Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Manfaat Rumput Laut yang Belum Anda Tahu!

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Tuesday, July 24, 2012 | 2:52 PM

Agan-agan ada yang suka makan rumput laut? Sudah tahu belum ternyata rumput laut banyak memiliki manfaat? Kali ini uniknih.com akan mengupas khasiat / manfaat rumput laut bagi kesehatan. Tapi sebelum membahas manfaat rumput laut, ada naiknya kita jelajah dulu apa sih Rumput Laut itu?
Dari sumber wiki diperoleh informasi sbb:

Gulma laut atau rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Istilah "rumput laut" adalah rancu secara botani karena dipakai untuk dua kelompok "tumbuhan" yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia, istilah rumput laut dipakai untuk menyebut baik gulma laut dan lamun.

Yang dimaksud sebagai gulma laut adalah anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal sebagai alga ("ganggang"). Sumber daya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Gulma laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati.

Di beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, gulma laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten misalnya, gulma laut dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang. Sementara di daerah pantai barat Sumatera, gulma laut dapat ditemui di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis gulma laut juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Contoh jenis gulma laut yang banyak dibudidayakan di antaranya adalah Euchema cottonii dan Gracilaria spp. Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budidaya gulma laut ini di antaranya berada di wilayah pesisir Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua.
---
Ok, gan, kita beranjak ke faedah / manfaat rumput laut. Ini dia!


Manfaat Rumput Laut
1. Manfaat rumput laut untuk Menurunkan tekanan darah tinggi
manfaat rumput laut
Ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut hasil penelitian para ilmuan Jepang, rumput laut sangat berguna untuk mengobati penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

2. Khasiat rumput laut untuk mencegah Kanker Payudara
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

3. Khasiat rumput laut untuk Antioksi dan Klorofil
Gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Semoga tips manfaat rumput laut di atas bermanfaat bagi kita semua.
Sumber tips cantik alami andrewdevlin.com

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...