Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Cara Mengatasi Rambut RonTok secara AlaMi

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, July 6, 2012 | 7:44 PM

Agan-agan pernah mengalami saat menggaruk kepala atau menyisir ternyata ada rambut kita yang rontok? Uniknih.com juga kadang khawatir kalau rambut rontok terus lama-lama bisa botak nih kepala alias plontos. Tersinpirasi oleh kejadian ini, Uniknih.com telah mencoba telasar telusur di dunia mesin pencarian terutama topik tips cara mengatasi rambut rontok, sampailah uniknih.com pada artikel cara merawat / mengatasi rambut rontok secara alami dan tidak terlalu banyak memakan biaya. Tapi sebelum kita membahas tips mengatasi rambut yang rontok, alangkah baiknya kita baca dulu artikel Penyebab Rambut Rontok.

Seperti dilansir oleh female.kompas com, pada beberapa kasus, kerontokan rambut yang berlebihan merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan. Selain adanya gangguan kesehatan, ada banyak penyebab lain yang bisa membuat rambut Anda rontok. 

1. Kurang nutrisi. 
Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup dalam tubuh, hal ini akan berpengaruh pada rambut, kuku, dan gigi. Jika Anda sedang diet, pastikan Anda mendapatkan cukup asupan protein dan vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E. Anda juga membutuhkan asupan mineral lain serta asam lemak omega-3. Semua asupan vitamin, mineral, dan protein mampu mengurangi kerontokan rambut sekaligus mempertahankan program diet agar tetap berjalan baik. 

2. Kurang merawat rambut. 
Jika terlalu sibuk untuk merawat rambut di salon, paling tidak cucilah rambut Anda secara teratur. Pilih jenis sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Misalnya, jika rambut Anda diwarnai, pilih sampo untuk rambut diwarnai. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, pelurus, atau pengeriting rambut, karena bisa merusak rambut Anda. 

3. Gen. 
Jika kerontokan rambut ini disebabkan gen atau bawaan lahir, hal ini sulit untuk dihindari. Namun, bisa ditunda dengan cara merawat rambut secermat mungkin.

4. Kehamilan. 
Kehamilan memang salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut. Dengan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat, maka kerontokan rambut akan hilang dengan sendirinya setelah Anda menyusui.

5. Stres,... baca dong uniknih.com
Rambut sering menunjukkan berbagai hal yang terjadi pada tubuh manusia, misalnya stres, dan diet yang buruk. Struktur rambut Anda akan berubah ketika hal tersebut terjadi, dan menyebabkan rambut menjadi lemah dan rontok. Stres juga membuat rambut Anda mudah patah, dan berubah warna menjadi kusam. Temukan cara untuk mengatasi stres yang melanda Anda agar rambut Anda tidak rontok lagi.

6. Sakit dan konsumsi obat. 
Penyakit dan obat-obatan bisa menyebabkan rambut Anda rontok. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu atau antibiotik, hal itu bisa menjadi salah satu alasan rambut mengalami kerontokan. Namun ketika obat tersebut sudah habis dan penyakit Anda sudah sembuh, seharusnya kerontokan akan berkurang secara perlahan-lahan.
--
Oke, gan, kita lanjut ke cara mengatasi rambut rontok secara alami

Tips mengatasi rambut rontok secara alami pertama sumbernya dari sini (lagaluscom)
Perawatan rambut secara alami lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, bahan alami mudah untuk didapatkan karena Indonesia merupakan negara agraris yang subur. Untuk mengatasi gejala tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa Anda coba dirumah.

1. Lidah buaya atau disebut aloevera
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Untuk pemakaiannya, Anda bisa mengambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Teh hijau 
Teh hijau berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut. Anda dapat mengambil 2 bungkus daun teh hijau yang sudah diseduh dengan air hangat. Balurkan pada rambut dan dipijit secara lembut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Seledri 
Seledri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya, ambil beberapa batang seledri kemudian bersihkan dan di blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dijipit lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

Cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami yang kedua sumbernya dari sini (ijogading)

1. Pengobatan dengan minyak panas
Terdengar aneh bukan, namun cara kita yang pertama ini tentu saja memerlukan aturan dalam perawatan rambut rontok. disarankan untuk menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun <---> lebih bagus. pernahkan anda mendengar ketika dulu orang tua kita saat remaja atau di daerah pedesaan minyak kelapa digunakan untuk memberi kelembaban dan kesehatan rambut secara alami. sedikit agak kuno tapi lihatlah.., saat itu adalah cara paling alami.


Bagaimana cara melakukan perawatan rambut rontok? gunakan selalu minyak tersebut (gunakan sedikit) untuk memberikan kelembaban alami. sebelumnya minyak-minyak tersebut dipanaskan (tidak sampai mendidih). gunakan secara merata dan gosokan juga dibagian kulit kepala. setelah selesai diamkan setidaknya sejam lalu keramas.


2. Jus alami
Perawatan rambut rontok kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jus bawang putih atau jus jahe. yang perlu dilakukan dengan jus ini bukan di mix antara jus bawang putih dan jus jahe melainkan dipilih salah satu jus tersebut untuk dijadikan bahan perawatan rambut rontok. basahi rambut secara merata dan tipis sampai kulit kepala dengan jus tersebut. gunakan perawatan rambut rontok ini pada saat mejelang mau tidur malam dan dibilas hingga bersih ketika bangun tidur di pagi hari. tips mengatasi rambut rontok


3. Pijat kepala
Pijatan lembut secara merata pada kulit kepala beberapa saat yang dilakukan dengan rutin mampu sirkulasi peredaran darah di kulit kepala menjadi aktif kembali sehingga distribusi nutrisi yag didapat tubuh dari luar seperti makanan sehat menjadi maksimal. pada saat melakukan pijatan ringat ini ada juga bisa mengabungnya dengan perawatan rambut rontok pada bagian pertama yaitu dengan menggunakan minyak.tips mengatasi rambut rontok


4. Antioksidan
Jika anda sering mendengar instilah anti oksidan digunakan untuk memperlambat penuaan dini maka disini anti oksidan dapat anda gunakan juga sebagai nutrisi pencegah rambut rontok. anda bisa mendapatkan antioksidan ini pada teh hijau, bukan diminum tapi pijatkan ke kulit kepala, jangan lupa untuk menyeduh dahulu teh hijau tersebut 2 kantong untuk satu kali perawatan rambut. antioksidan sangat bermanfaat untuk rambut sebagai pencegah rambut rontok dan juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut secara sehat dan alami.


5. Meditasi
Melakukan meditasi ternyata mampu memperlambat dan mencegah kerontokan rambut. kegiatan meditasi yang dilakukan pada tempat yang baik dan hening dapat memberikan rasa rileks dan mengurangi tingkat stres. kita tahu bahwa stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. selain melakukan meditasi, menghibur diri dengan sesuatu yang menyenangkan juga mampu mengatasi rasa tres berlebihan.
--
Semoga tips mengatasi rambut rontok dengan cara alami dan murah di atas bermanfaat untuk agan-agan semua. Semoga rambut agan-agan jadi kuat dan tidak cepat rontok lagi.
Salam sehat selalu!
Sumber Tips Mengatasi Rambut Rontok. Kalau mau lanjut baca Tips Mengencangkan Wajah secara alami boleh kok,...


Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...