Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Pantun Lucu Terbaru Kumpulan Pantun Jenaka Gokil

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Tuesday, June 19, 2012 | 6:10 AM

Agan-agan suka pantun gak? Sebelum kita meluncur ke pantun-pantun lucu bin gokil, alangkah baiknya kit apelajari dulu yuukk. apa sih sebenarnya pantun itu (kok jadi serius ya gan..., gak kok...). Buat pengetahuan aja gan...


Apa sih pantun itu?
Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. 


Asalnya pantun dari mana?
Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti "petuntun". Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca: uppasa). Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis.


Bentuk pantun itu seperti apa yah gan?
Semua bentuk pantun terdiri atas dua bagian: sampiran dan isi. 
Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam (mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya), dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. 
Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut.


Contoh kembangan pantun apa ya gan?
Karmina dan talibun merupakan bentuk kembangan pantun, dalam artian memiliki bagian sampiran dan isi. Karmina merupakan pantun "versi pendek" (hanya dua baris), sedangkan talibun adalah "versi panjang" (enam baris atau lebih).

Apa sih peran Pantun?
Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. Ia juga melatih orang berfikir asosiatif, bahwa suatu kata bisa memiliki kaitan dengan kata yang lain.


Apakah Pantun punya fungsi sosial?
Secara sosial pantun memiliki fungsi pergaulan yang kuat, bahkan hingga sekarang. Di kalangan pemuda sekarang, kemampuan berpantun biasanya dihargai. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata. Namun demikian, secara umum peran sosial pantun adalah sebagai alat penguat penyampaian pesan.


Biar gak terlalu serius langsung aja deh cekibrot pantun lucu jenaka gokil yang bikin ketawa alias ngakak ....
pantun lucu

Nasi uduk masih anget
Beli nye di pinggir jalan
Yang lagi duduk manis banget
Boleh ga kite kenalan uniknih.com

Jaket Kulit dari garut
Jangan digulung nanti mengkerut
Muka eneng jangan terus cemberut
Nanti dikira kayak makanan semut 
uniknih.com
jangan suka menulis di atas kaca 
menulislah di atas meja 
janganlah menangis karena cinta 
menangislah karena dosa
uniknih.com
Lagi males bikin ketupat
Mending maen bola sodok
Nenek yang pandai melompat
Itu pasti neneknya kodok

Siang hari makan duren
Bilang ja kalo gue keren
Buah apel di air payau
Nggak level lah yauuuuuu…..


Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.

Malam hari main kulintang
ditemani sobat sobat tersayang
gimana hati kagak bimbang
Kepala botak minta dikepang

Bangkok kota seribu pagoda
Mekah adalah kota suci
Kuakui kau sungguh menggoda
Tapi sayang kau seorang banci

Buah kedondong
Buah atep
Dulu bencong
sekarang tetepp


seorang anak bernyanyi ria 
sambil bernyanyi menari pula 
siapa yang tidak bakal tertawa 
disangka waras ternyata gila

BUAH MANGGA BUAH KEDONGDONG
BELI DI PASAR HARGANYA MURAH
Gile gw ganteng kayak berondong
Istri gw nanti pasti kayak Asmirandah

mAkAn pIzzA di prAnciz
sAmbiL dengAr lAgu romantiz
bukAn mO sok pUitiz or drAmatiz
tapi mAaf……. aq calon artiz
cUma pEngen bAgi sms grAtiz
kAn sayAng klO gA abIz………..heheeeee



Ikan gabus di rawa-rawa
Ikan belut nyangkut di jaring
Perutku sakit menahan tawa
Gigi palsu loncat ke piring



Masak air biar mateng
Dipake naek buat ke genteng
Eh atas jangan sok ganteng
masih tetep ane yang paling ganteng



Kalau yang ini pantun gokil alias garing...:


ada lele ada belut
ada kerang ada siput
mo pesan yang mana?



Pohon kelapa, Pohon durian,
Pohon Cemara, Pohon Palem
Pohonnya tinggi-tinggi Bo!

pantun lucu
Disana gunung, disini gunung,
Ditengah-tengah bunga melati
Saya bingung kamu pun bingung
Kenapa ada bunga melati ???!?
pantun lucu


Belum ketawa juga, mungkin anda perlu diobati dengan mengunjungi kata kata gombal romantis


Sumber : pantun jenaka

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...