Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Tersingkap! Ternyata Kakek Obama Pernah Disiksa Kerajaan Inggris

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Wednesday, April 18, 2012 | 6:36 AM


Kerajaan Inggris merilis dokumen sejarah kelam selama masa kolonial di daerah jajahannya di Timur Tengah, Semenanjung Malaya, Amerika hingga Afrika kepada publik, Rabu (18/4). Dan salah satu dokumen kolonial tersebut menyebutkan bahwa Inggris pernah menahan dan menyiksa kakek dari Presiden Amerika Serikat (AS) saat ini, Barack Obama, yaitu Hussein Onyango Obama di benua Afrika.

Dalam dokumen sejarah tersebut, Kakek Obama, Hussein Onyango Obama ditangkap oleh kerajaan Inggris di Kenya pada 1950-an. Kerajaan Inggris menuduh Hussein Obama melakukan pemberontakan Mau Mau atas kolonialisme Inggris di benua hitam Afrika. Catatan itu pun menjelaskan tindakan keras kerajaan Inggris, dimana sebagian pemberontak dieksekusi, disiksa dan ditahan.

Seorang Sejarawan dan Peneliti arsip kuno, Edward Hampshire mengatakan, memang ada alasan kuat untuk mecurigai adanya 'dokumen basah', dan masih banyak dokumen seperti ini. "Apa bahan ini mungkin akan memberikan warna baru bagi sejarah Inggris, walau perlu kedalaman melihat dokumen ini dan memerlukan para sejarawan untuk melihat kebenaran dokumen ini," ujar Hampshire yang dilansir dari Associated Press, Rabu (17/4).
Arsip sejarah Kerajaan Inggris tersebut menjelaskan secara ringkas dan lengkap, file orang, daftar informasi dan data sensus. Dokumen yang disebut dengan 'Arsip Bermigrasi' ini setidaknya menyebutkan 8.800 nama dalam catatan kolonial di berbagai wilayah jajahan.
Di Anguilla, Karibia, dokumen ini menjelaskan perencanaan militer terhadap para pemberontak Karibia. Di Malaya (Malaysia), dokumen ini menjelaskan tindakan subversif bagi gerilyawan komunis di era 1950an. Dan sebagian besar menjelaskan usaha Inggris memerangi pemberontakan Mau Mau di Kenya.

Pada 1960, Inggris menolak menyerahkan dokumen ini ke bekas negara jajahannya, dengan alasan ini adalah milik pemerintah Inggris. Namun belakangan karena banyaknya dokumen yang terabaikan, lebih dari 2000 kotak file, serta tekanan dari pihak luar. Membuat pemerintah Inggris harus membuka dokumen kelam di era kolonial ini.

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/04/18/m2ns0b-ternyata-kakek-obama-pernah-disiksa-kerajaan-inggris

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...