Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

Awas! Dibui Gara-gara Daging Iguana

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, April 27, 2012 | 4:49 PM


Gara-gara hendak menyelundupkan daging iguana, Eliodoro Soria Fonseca (38), warga Las Vegas, AS, mendekam di penjara. Dia mencoba memasukkan 115 daging iguana ke AS dari Meksiko.

Hakim Federal memerintahkan Fonseca dipenjara selama 24 bulan. Fonseca ditahan ketika mencoba menyeberang ke California melalui pelabuhan Otay Mesa di selatan San Diego, AS, akhir Juni. Dia membawa daging dalam kamar pendingin.

Setelah petugas menggeledah, ditemukan kepala, kulit, dan daging 115 iguna hijau dengan berat 72 kg. Daging itu disembunyikan di bawah tumpukan ikan. ”Sesuai dokumen, dia bersalah karena mengimpor daging iguana untuk makanan manusia,” demikian siaran pers dari kantor jaksa di Las Vegas. Iguana hijau memang dimakan di Meksiko dan Amerika Tengah.

Daging itu disajikan dalam menu sup atau daging dipanggang bersama taco, sejenis roti dari Meksiko.


Beberapa resep merekomendasikan agar daging iguana direbus dulu. Lain padang, lain belalang. Di AS, iguana diatur Konvensi Perdagangan Internasional Spesies yang Terancam Punah (CITES). Meski populasi iguana belum terganggu, CITES menyatakan iguana akan terganggu jika perdagangannya tak dikontrol ketat.

Fonseca mendapatkan daging itu dari Nayarit di Meksiko barat. Dia juga tidak memiliki izin impor dari Badan Perikanan dan Hewan Liar AS atau CITES untuk mengimpor hewan liar dari Meksiko. Menurut seorang peneliti yang bekerja untuk program perlindungan iguana di Meksiko, tindakan memindahkan lebih dari 100 ekor iguana dari Nayarit sama saja dengan membantu kepunahan iguana. (Reuters/joe)
Sumber: KOmpas

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...