Ikuti uniknih di twitter yuukkk...!

9 Kota di Dunia dengan Tarif Parkir Termahal!

Written By UNDC | Uniknihdotcom on Friday, March 23, 2012 | 12:41 AM

Kota-kota besar di dunia nyaris dihadapkan pada persoalan lalu lintas yang sama. Membeludaknya kendaraan bermotor membuat kemacetan terjadi di mana-mana. Itulah mengapa setiap kota menerapkan aturan tertentu demi mengurangi keruwetan lalu lintas.

Salah satu kebijakan yang banyak ditempuh adalah menerapkan tarif parkir yang tinggi di titik-titik tertentu. Tujuannya, mendorong warga untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke angkutan umum. Semakin tinggi tarifnya, semakin banyak pula orang yang beralih ke angkutan umum.

Sebuah majalah komunitas otomotif, Automotto, belum lama ini merilis daftar kota-kota dengan tarif parkir termahal. Berikut di antaranya:

1. London, Inggris

Tidak salah jika ada anggapan bahwa memiliki kendaraan sendiri di kota ini sangat menyiksa. Sebab, untuk parkir setiap orang harus mengeluarkan US$940,99 atau sekitar Rp8,6 juta per bulan.

2. Hong Kong

Meskipun warga kota ini umumnya tergolong kaya, sedikit dari mereka menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, untuk parkir warga harus merogoh kocek hingga US$751 atau sekitar Rp6,9 juta per bulan.

3. Tokyo, Jepang

Kota berpenduduk 39 juta orang ini memang dikenal sebagai salah satu kota paling mahal di dunia. Setiap bulan, orang bisa menghabiskan US$669,79 (sekitar Rp6,16 juta) hanya untuk parkir.

4. Roma, Italia

Seperti di Indonesia, warga Roma lebih suka menggunakan sepeda motor. Motor jenis skuter paling banyak digunakan warga untuk bepergian di kota. Untuk parkir mobil per bulan, warga bisa menghabiskan US$600 (sekitar Rp5,5 juta).

5. Zurich, Swiss

Jangan heran bila di kota ini jarang ditemukan lahan parkir, sebab lahan terbuka lebih banyak digunakan untuk bangunan. Parkir di kawasan Global Financial Centre bisa menghabiskan US$611 per bulan (sekitar Rp5,6 juta).

6. Perth, Australia

Meskipun di kota ini masih banyak memiliki ruang terbuka, namun tarif parkir per harinya cukup mahal. Warga bisa menghabiskan US$568 per bulan (sekitar Rp5,2 juta) untuk parkir.

7. Brussels, Belgia

Di kota dengan kepadatan penduduk 7.000 orang per meter persegi ini, tarif parkir US$555 atau sekitar Rp5,1 juta. Karena itu, di kota ini popular kebiasaan shared cars atau numpang mobil orang lain.

8. New York, Amerika Serikat

Di kota berjuluk Big Apple ini, tarif parkir per hari mencapai US$40 (sekitar Rp368 ribu) atau sebulan warga rata-rata menghabiskan US$500 (sekitar Rp4,6 juta). Itulah mengapa di kota ini sangat banyak taksi karena taksi tak perlu parkir.

9. Kopenhagen, Denmark

Tarif parkir di kota ini mencapai US$17 per hari (sekitar Rp156 ribu) atau rata-rata diperlukan US$521,67 per bulan (sekitar Rp4,7 juta). Itulah mengapa warga kota ini cenderung memilih sepeda ketimbang mobil. [tjs]

Sumber; Inilah.com (23/3/2012)
foto: dari berbagai sumber

Ikuti Uniknih di Twitter Yuuk...! ==>
Jangan Lupa Beri Jempol Like Komunitas Uniknih.com ya...

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...